BLANTERVIO103

Selangkah Lagi, Kades Bulu Bonggu Masuk 150 Desa se-Indonesia Paralegal Justice Award Oleh Kemenkumham

Selangkah Lagi, Kades Bulu Bonggu Masuk 150 Desa se-Indonesia Paralegal Justice Award Oleh Kemenkumham
Sabtu, 20 Mei 2023

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Kades Bulu Bonggu Kabupaten Pasangkayu dan Kades Napo Kabupaten Polman dari Provinsi Sulawesi Barat yang menjadi calon penerima penghargaan Paralegal Justice Award oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional tahun 2023. 


Paralegal Justice Award adalah sebuah anugerah yang ditujukan kepada Kepala Desa atau lurah yang telah memberikan pengabdian tinggi dengan bertindak sebagai non-litigation peacemaker (Juru damai desa). 


Penganugerahan Paralegal Justice Award tersebut diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan terlebih dahulu mengikuti pendidikan dan pelatihan Paralegal selama 3 hari melalui Paralegal Academy, yang selanjutnya diberikan pula penghargaan bagi desa atau Kelurahan yang mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata, dan lapangan kerja bagi masyarakatnya dengan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita. 


Pada tahap pertama seleksi Administrasi 756 Desa lolos, 

Tahap kedua seleksi audiensi 500 desa yang lolos, Tahap ketiga seleksi kelayakan 300 Desa yang lolos termasuk Kades Bulu Bonggu dan Kades Napo. 


Pada tahap keempat seleksi kepatutan  memperoleh Kepala desa Paralegal Justice awars dan Desa Anabuana.mengingat quota hanya 150 desa dari 300 Desa se-Indonesia yang ada yang dinyatakan Lulus. 


"Sekarang tahap ketiga sudah kami lalui. Alhamdulillah Lolos di 300 desa se Indonesia. mohon doanya di tanggal 29 Mei sampai 2 Juni di Jakarta nanti, semoga desa Bulu Bonggu lulus masuk di 150 besar," Kata Kades Bulu Bonggu, Arwin Rusdi. Sabtu, 20/05/23. 


Arwin Rusdi berharap Desa Bulu Bonggu lolos ke 150 Desa se-indonesia pada Paralegal Justice Award dan Anubhawa Sasana Desa jagaddhita sebagai desa sadar hukum sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten  Pasangkayu dan Provinsi Sulbar. 


"Saya sangat berterima kasih kepada kabag Hukum bapak mulyadi dan kadis PMD Pasangkayu bapak Irfan Rusli sadek yang sudah membantu proses seleksi hingga tahap ini serta Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Barat. Yang lebih utama tentunya Saya berharap mendapatkan dukungan serta support serta pendampingan oleh Bapak bupati pasangkayu," Kata Arwin Rusdi. 


Motivasi dan semangat Kades Bulu Bonggu membawa Desanya lolos paralegal justice award, mengingat satu- satunya kepala desa di Kabupaten Pasangkayu bersama Kades Napo Kabupaten Polman yang mewakili Sulbar lolos nominasi 300 besar desa se Indonesia. 


"In Sha Allah selangkah lagi menuju 150 besar desa sadar hukum oleh kementerian hukum dan ham RI," Pungkasnya. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409