BLANTERVIO103

Siapkan Petani Porang Profesional, BBPP Batangkalukku Gelar Pelatihan di Sidrap

Siapkan Petani Porang Profesional, BBPP Batangkalukku Gelar Pelatihan di Sidrap
Rabu, 13 Oktober 2021


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Sebanyak 30 petani porang menjadi peserta untuk mengikuti pelatihan teknis tematik budidaya dan pengolahan tanaman porang bagi non aparatur di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Semangat Milenial, Sidrap. 


Pelatihan ini digelar dari tanggal 13 sampai 15 Oktober 2021 yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkalukku, Sulsel. Acara pelatihan dibuka secara langsung Kepala BBPP Batangkalukku, Dr Sabir, S. PT., M. Si, Rabu, 13 Oktober 2021.


H. Syaharuddin Alrif mengatakan, kegiatan ini kami lakukan bersama dua Balai, yakni Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang, Jawa Timur dan BBPP Batangkalukku, Sulsel untuk mengedukasi petani, upgrading ilmu dari Jawa Timur kemudian digabungkan dengan ilmu bertani Porang yang ada di Sidrap, Sulsel ini. 

"Ini diharapkan agar petani bisa melakukan budidaya dengan bagus dan sempurna. Selain budidaya, juga bisa mempersiapkan hilirnya,' kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel ini. 


Kata dia, hilir yang dimaksud adalah bagaimana porang bisa menjadi kebutuhan sehari-hari seperti dibuat bakso, mie, tahu beras dan bahan pangan lainnya. 


"Jadi pelatihan ini untuk upgrading ilmu budidaya, dari petani tradisional ke petani modern. Dar petani konvensional menjadi petani profesional serta dari petani konsumtif menjadi produktif," jelasnya. 


Menurutnya, out put dari kegiatan pelatihan ini, peserta pelatihan akan menjadi mentor-mentor di lapangan. Bagaimana pengolahan, pemeliharaan, panen dan pasca panennya. 

Meskipun petani disini sudah belajar secara otodidak, tapi kami datangkan pemateri dari BBPP Setindan Malang dan BBPP Batangkalukku supaya ilmunya lebih sempurna. Kita gabungkan teori dan pengalaman supaya bisa berhasil. 


Sementara itu, Kepala BBPP Batangkalukku, Dr Sabir, S. PT., M. Si, mengatakan, pelatihan ini adalah pelatihan teknis tematik khusus budidaya porang. Seperti diketahui, porang saat ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, untuk pengembangannya butuh sumber daya manusia pertaniannya. 


"Untuk itu kami berkolaborasi dengan BBPP Setindan, Malang dalam rangka meningkatkan kompetensi pada pelaku utama di lapangan, " urai Putra Kelahiran Bilokka, Sidrap ini. 


Terkait hal itu kata Dr Sabir, kita akan melakukan pelatihan kepada 30 orang peserta yang merupakan petani porang diwilayah kerjanya masing-masing. 

"Kami harapkan dengan pelatihan ini betul-betul bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menggali semua aspek-aspek terkait dengan pengembangan porang sendiri," ungkapnya. 


Pengetahuan dan keterampilan ini lanjutnya memang harus kita genjot dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan porang ini. "Dengan adanya pelatihan ini kami berharap meningkatnya kompetensi bagi pelaku utama tentang budidaya dan pengolahan porang, " imbuhnya. 


Kata dia, dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan tentang porang kepada pelaku utamanya tentu sistim budidaya porang ini lebih bagus. Dengan bagusnya tentunya kita inginkan meningkatnya produksi, sehingga akan lebih memperbaiki penghasilan dan kesejahteraan petani. 


Ditempat yang sama, Kepala BBPP Setindan, Jawa Timur, Ir Sumardi Noor, M. Si, mengaku akan memberikan support dan dukungan apalagi BBPP Setindan dan BBPP Batangkalukku satu rumah, jadi wajar jika saling dukung dan memberikan support karena Pertanian di Indonesia ini harus maju, mandiri dan modern. 


Selain dihadiri Kepala BBPP Ketindan dan Kepala BBPP Batangkalukku, juga dihadiri sejumlah pemateri yakni Widyaiswara BBPP Ketindan Dr Diana Triswaningsih, SP., MP dan Dr. Saptini Mukti R, S. Si., M. Sc. Sementara dari BBPP Batangkalukku, Sugeng Mulyono, SP., MP. 

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409