BLANTERVIO103

Untuk Bangkitkan Ekonomi di Sidrap Dibutuhkan Sinergitas Semua Elemen Masyarakat

Untuk Bangkitkan Ekonomi di Sidrap Dibutuhkan Sinergitas Semua Elemen Masyarakat
Jumat, 18 Februari 2022


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Untuk membangkitkan ekonomi Sidenreng Rappang, sebagaimana tema Hari Ulang Tahun ke 678 Ekonomi bangkit Sidrap, dibutuhkan sinergitas semua elemen masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua umum Pengurus pusat Ikatan Sarjana Asal Sidenreng Rappanh  ( PP ISA SIDRAP ), H. Mahmud Lakaiya, diselah rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam sidang terbuka peringatan hari Ulang tahun Sidrap 18 pebruari 1344 - 18 Februari 2022, di Gedung DPRD Sidrap di Pangkajene.

Menurut Mahmud Lakaiya, sinergitas atau Kalaborasi semua elemen masyarakat Sidrap, baik yang berada di wanuatta Sidenreng Rappang maupun di daerah rantau dengan profesi beragam perlu berkalaborasi secara gotong royong memberi energi berupa fikiran, ilmu keterampilan atau life skill, bahkan beberapa diantaranya warga Sidrap jadi wiraswasta sukses di rantau bisa mengucurkan dana dan pengalamannya untuk gerasi muda. 

Di era milineal saat ini untuk membangkitkan ekonomi terutama Usaha kecil mikro dan koperasi (UKMK), sudah saatnya beradabtasi dengan sistim digitalisasi. "Membangun UKMK berbasis digitalisasi dibutuhkan transpormasi Ilmu dan teknologi, yang muararanya adalah mengasah Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan," urai Mahmud, yang saat acara berlangsung duduk berdampingan dengan Ketua Umum PP IKM Sidrap, Prof.Dr. Andi Alimuddin Unde, sembari mengutif pernyataan Direktur Lembaga Penelitian pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin ( Lp2m Unhas ), itu pada acara Webinar 17/2-2022 yang di motori PP ISA Sidrap, PP IKM Sidrap, PP IPMI Sidrap dan PB Kebugis. 

Saat berbicara Andi Alimuddin Unde katakan, saat ini Sidrap butuh inovasi kreatif berdasarkan kajian riset. Kebijakan pembangunan tidak tepat lagi berdasarkan pertimbangan - pertimbangan tapi harus dengan kajian riset yang jelas tolak ukurnya secara ilmiah sesuai tuntutan pembangunan, ujar Mahmud mengutif pernyataan A. Alimuddin Unde.

Kata Mahmud Lakaiya, PP ISA Sidrap, akan terus menginisiasi warga Sidrap baik pribadi maupun secara kelembagaan untuk terus membangun komunikasi, berkalaborasi untuk membangun Sidrap terutama di Sektor pendidikan dan pertumbuhan UKMK berbasis digitalisasi sebagai tuntutan global.

Secara terpisah di tempat acara yang sama, politisi senior Partai Demokrat Sidrap, Sudarmin Baba, menyambut baik gagasan para tokoh, cendekiawan, Wiraswasta, aktivis, mahasiswa - pemuda asal Sidrap, yang akan berkalaborasi mencurahkan perhatiannya untuk kampung halamannya Sidrap.  

"Kami di dewan tentu berkewajiban merespon setiap ide, gagasan, kehendak setiap orang atau lembaga demi kemajuan daerah, bahkan jika dibutuhkan peraturan daerah terkait ide, pemikiran, gagasan tersebut tentu akan kami bersama teman dewan lainnya merespon dengan baik." tutur anggota DPRD tiga priode ini.

(ris/wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409