BLANTERVIO103

Kapolsek Tellu Limpoe Sampaikan Bahaya Narkotika Didepan Siswa MTs Pajalele

Kapolsek Tellu Limpoe Sampaikan Bahaya Narkotika Didepan Siswa MTs Pajalele
Rabu, 17 Juli 2019


LENTERAMERAHNEWS, SIDRAP--Antisipasi terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba bagi para pelajar membuat jajaran Polsek Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap sambangi MTs Nasrul Haq Pajalele Kelurahan Pajalele Kecamatan Tellu Limpoe untuk memberikan penyuluhan, Rabu (17/7).

Selain memberikan penyuluhan tentang bahaya narkotika, Kapolsek Tellu Limpoe, Iptu H. Sunarto, SE juga memberikan materi pada Latihan Dasar Kepemimpinan dengan tema menumbuhkan dan memahat jiwa kepemimpinan berlandaskan iman dan taqwa.

"Selain penyuluhan tentang bahaya narkotika kami juga memberikan materi Latihan Dasar Kepemimpinan," kata Iptu Sunarto disela-sela acara LDK yang diikuti pengurus Osis dan siswa baru MTs Nasrul Haq.

Selain Kapolsek, juga yang membawakan materi LDK kepada siswa Babinkamtibmas kelurahan Pajalele, Bripka H. Haris Halim dengan judul materi tentang pengertian narkotika, psikotropika dan bahaya yang ditimbulkan serta tanda-tanda pengguna dilingkungan sekolah.

"Narkotika adalah Zat atau Obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan," jelas Sunarto dalam materinya.

Sunarto menambahkan, Psikotropika adalah Zat atau obat baik alamiah maupun sintetis bukan Narkotika, yang berkhasiat Psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan Syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada akifitas mental dan prilaku.

"Terkait bahaya yang ditimbulkan, bahaya terhadap diri pemakai, terhadap keluarga, terhadap lingkungan masyarakat serta Bahaya terhadap bangsa dan Negara," ungkapnya.

Sedangkan untuk tanda-tanda pengguna dilingkungan Sekolah yakni prestasi disekolah tiba-tiba turun mencolok, membolos sekolah, tidak disiplin, perhatian terhadap lingkungan tidak ada,  Sering kelihatan mengantuk disekolah, Sering keluar dari kelas pada waktu jam pelajaran dengan alasan ke kamar mandi, sering terlambat masuk kelas setelah jam istrahat dan mudah tersinggung serta mudah marah disekolah dan sering  berbohong.

"Selain itu dia meninggalkan hobynya terdahulu, mulai sering berkumpul dengan anak-anak tidak beres sekolah, mengeluh karena menganggap keluarga dirumah tidak memberikan dirinya kebebasan, atau menganggap keluarga dirumah terlalu menegakkan disiplin dan Sekali-kali dijumpai dalam keadaan mabuk, bicara pelo(tdk jelas ) dan jalan sempoyongan," tambahnya. (wis)



Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409