BLANTERVIO103

Hadiri Pengenalan Tanaman Porang di Desa Kasoloang, Ini Kata Dandim 1427 Pasangkayu

Hadiri Pengenalan Tanaman Porang di Desa Kasoloang, Ini Kata Dandim 1427 Pasangkayu
Senin, 27 Juli 2020

Pasangkayu, lenteramerahnews.co.id
Bersama tokoh masyarakat Desa Kasoloang Kec.Bambaira, Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf Kadir Tangdiesak, S.Ag.,MM.,M.I. POL di dampingi Danramil 1427-02/Randomayang Kapten Inf. Ismail dan Babinsa Kasoloang Serda Amiruddin Menghadiri pengenalan tanaman porang dan manfaatnya yang diadakan oleh anggota DPRD provinsi Sulbar Rayu, SE di kebun miliknya di Dusun Binoli, Desa Kasoloang.

Politisi dari PDIP ini menjelaskan tentang tekhnik penanaman, perawatan, pengembangan dan manfaat tanaman porang yang jenis umbi- umbian yang juga di kenal dengan iles- iles. Tanaman Porang termasuk speseis amorphophallus mulelleri yang juga bisa di gunakan untuk cosmetic, tepung Porang, hingga di buat lem. Kemudian, Kemudahan tanam Porang dapat di tanam dengan tumpang sari, karena Porang adalah tanaman toleran yang dapat tumbuh di jenis tanah apa saja. Dari segi penjualan ternyata Porang menjadi incaran negara- negara lain dan saat ini Porang di ekxpor hinga jepang dan china.

Menurutnya lagi, Tanaman porang sudah menjadi primadona karena harga umbinya yang terus melejit dan diyakini mampu memberikan nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat.

" Saya mengajak kepada masyarakat agar dapat memulai menanam tanaman porang mulai dari sekarang. saya undang kita semua di kebun saya ini agar Bapak yakin dan percaya bahwa tanaman ini sangat menjanjikan kalau menanam porang sama dengan menanam emas. Bisa ditanam perindividu maupun di kelola secara bersama-sama" terang Rayu

Ditempat yang sama, Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf.Kadir Tangdiesak, S.Ag.,MM.,M.I. POL mengatakan bahwa, budidaya tanaman Porang ini sudah menjadi program TNI dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat dan hal ini harus disosialisasikan kepada masyarakat.

Dia ungkapkan, untuk di kabupaten Pasangkayu sendiri sudah ada yang membudidayakan jenis tanaman Porang, namun pengadaan bibitnya yang masih sulit didapatkan oleh masyarakat sampai saat ini, sehingga masyarakat Pasangkayu masih sebagian yang membudidayakan tanaman ini.

Dandim 1427/Pasangkayu juga katakan, Tanaman Porang ini sudah lama di kembangkan di daerah pulau Jawa. Memang, tekhnis penanaman Porang ini dibutuhkan penanganan tersendiri sehingga kita sama-sama mulai membudidayakan tanaman Porang dengan cara mengembangkan. semoga adanya penyuluhan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat. Katanya

Turut hadir Camat bambaira Muhammad Abduh S.Pd bersama staf, Makmur,S.Sos Kepala Desa Kasoloang dan Para Kepala Dusun Desa Kasoloang.

(Ags)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409