BLANTERVIO103

Webinar Nasional HMJ Pai Unismuh Makassar : Solusi Terhadap Tantangan Dunia Pendidikan Abad-21 Dimasa New Normal

Webinar Nasional HMJ Pai Unismuh Makassar : Solusi Terhadap Tantangan Dunia Pendidikan Abad-21 Dimasa New Normal
Sabtu, 20 Juni 2020

Makassar, lenteramerahnews.co.id--  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar Menggelar Webinar Nasional dengan Tema “Revitalisasi Peran Guru Abad-21 di Masa New Normal” melalui via Zoom Cloud Meeting, kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 300an peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Bukan hanya dari berbagai daerah melainkan juga kegiatan tersebut di ikuti oleh peserta yang profesi bervariasi mulai Dosen, guru, dan Mahasiswa serta aktivis-aktivis pendidikan yang ada di Indonesia. Sabtu 20 juni 2020

Kegiatan tersebut di buka oleh ibu Dr. Amirah Mawardi M.Si selaku Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam. Serta menghadirkan narasumber dan penanggap dari kalangan praktisi pendidikan.

Narasumber pertama yakni Prof. Dr. Agus Suradika selaku pengamat pendidikan dan juga Dosen di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta, Narasumber kedua Dr. Baharuddin S.Pd.,M.Pd selaku konsultan pendidikan yang juga sebagai dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pada kegiatan seminar tersebut menghadirkan praktisi pendidikan bertindak sebagai penanggap yakni bapak Dr. Yusra Jamali M.Pd selaku Ketua Prodi S-3 Pendidikan Agama Islam UIN Ar Raniry Banda Aceh, dan jalannya seminar tersebut dipandu oleh moderator Mursyid Fikri., S.Pd.I MH selaku Dosen  Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar yang juga penggagas Hypno Konseling syariah untuk dunia pendidikan di Sulawesi selatan.

Dr. Amirah Mawardi dalam sambutnya menyampaikan kesyukuran yang tak terhingga atas antusias dan semangat pengurus HMJ Pendidikan Agama Islam untuk senantiasa melaksanakan kegiatan yang bermanfaat di tengah pandemic Covid-19,


Harapannya dengan kegiatan ini dapat memberikan bekal dan gambaran kepada guru untuk mengambil sikap yang tepat ditengah pandemic, serta khusunya bekal bagi Mahasiswa secara khusus sebagai calon guru dan dosen untuk dapat memaksimalkan perannya demi terselenggaranya tujuan pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Siti Jubaidah Ilyas selaku Ketua HMJ Pendidikan Agama Islam menyampaikan ditengah sambutannya bahwa sebagai mahasiswa tentunya dengan adanya pandemic Covid-19 kita serba terbatas mulai dari terbatasnya pembelajaran, interaksi kepada dosen dan mahasiswa terbatasnya pula ruang gerak organisasi untuk menjalankan tugasnya sebagai agen of change.

Olehnya itu kegiatan webinar Nasional ini diharapkan mampu memberikan sumbangsi kepada masyarakat secara umum dan mahasiswa secara khusus agar senantiasa menjalankan aktifitas yang bermanfaat di tengah pandemik dalam rangka menyambut masa new normal.

Prof agus suradika selaku narasumber pertama menekankan bahwa kondisi saat ini memang bukanlah kondisi terduga melainkan keadaan ini mengharuskan kita selaku pengajar untuk bijak dalam mengambil langkah pengajaran baik dari segi pemberian tugas maupun dari segi penyampaian materi.

Namun selaku guru yang perlu kita persiapkan  kedepannya adalah setelah new normal dijalankan apa langkah yang perlu kita ambil demi  menjalankan amanah kita selaku orang yang bergerak dibidang pendidikan, beliau juga menyampaiakan terkait tantangan dan hal-hal yang perlu direvitalisasi terhadap peran guru di Abad-21.

Dr. Baharuddin menyampaiakan dengan adanya pandemi Covid-19 menuntut kita semua agar mampu menyesuaiakn diri dengan kondisi revolusi industry 4.0 yang dimana semuanya serba digitalisasi dan inilah kesempatan yang tepat untuk kita selaku pendidik mampu beradaptasi dengan perkembangan global.

(Mursyid fikri)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

3160458705819572409