BLANTERVIO103

Opini : Hikmah di Hari Pramuka

Opini : Hikmah di Hari Pramuka
Jumat, 14 Agustus 2020


Oleh : Muh. Abrar Usman, M.Pd

( Mabigus UPT SDN 8 Pinrang )


Salam Pramuka !

Perkenangkan penulis menyampaikan ucapan dari lubuk hati yang paling dalam “Selamat Hari Pramuka” yang ke 59 tanggal 14 Agustus 2020 dengan tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara”. 

Tema tersebut sejalan dengan upaya yang ditunjukkan Kwartir Nasional (Kwarnas) melalui pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan upaya untuk menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak. Anggota pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega dan anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam melakukan setiap kegiatan sosial juga telah menerapkan protokol kesehatan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan COVID-19. 

Tema ini menjadi bukti konkrit bahwa Pramuka menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah dan perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia," ungkapan Budi Waseso (Ketua Kwarnas) seperti dikutip Antara News, Rabu (12/8/2020). 

Buwas mengatakan banyak kwartir dan gugus depan melakukan kegiatan dan pelatihan secara daring untuk terus meningkatkan kecakapan hidup pramuka dan menjalin silaturahmi dengan pramuka di dalam dan luar negeri. “Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta. 

Tujuan didirikannya Pramuka salah satunya untuk membentuk kepribadian yang lebih mandiri. Serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara. Selain itu, diharapkan setiap anggotanya memiliki kepedulian terhadap makhluk hidup dan juga lingkungan. Sebagai pelajar dan generasi muda, perayaan Hari Pramuka Nasional memiliki makna tersendiri. Karena, pendidikan karakter tak hanya dipelajari dari dalam kelas saja. Melainkan bisa didukung oleh berbagai kegiatan menyenangkan yang erat dengan rasa kebersamaan. Seperti mengikuti kegiatan berkemah dan mencari jejak.

Salah satu makna Hari Pramuka bagi pelajar adalah memahami nilai yang ditanamkan pada kegiatan pramuka seperti kedisiplinan, keterampilan, rasa tanggung jawab, dan kebersamaan. Tentunya dapat mengamalkan nilai tersebut ke dalam kehidupan bersosial baik di sekolah atau di lingkungan masyarakat. Lewat peringatan Hari Pramuka kita bisa ikut serta meneruskan cita-cita untuk membangun bangsa dengan keterampilan dan kreatifitas.  

Semoga di HUT Pramuka yang ke 59 ini menjadi bahan repleksi dan Pelecut, semangat dalam menanamkan nilai-nilai Pramuka dalam sendi kehidupan sehari-hari demi mencapai Tujuan Gerakan Pramuka.  Satya ku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan...

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409