BLANTERVIO103

Danrem 142/Tatag Buka Kegiatan LATGULBEN di Desa Randomayang

Danrem 142/Tatag Buka Kegiatan LATGULBEN di Desa Randomayang
Selasa, 20 Oktober 2020


Pasangkayu, Lenteramerahnews.co.id-- Bertempat di Lapangan Bola Desa Randomayang Kec. Bambalamotu Kec. Pasangkayu, Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.IP membuka secara resmi Latihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) Banjir. Kegiatan ini adalah kerjasama Korem 142/Tatag Bersama BPBD Kab.Pasangkayu Tahun 2020 dengan Tema " Kodim 1427/Pasangkayu melaksanakan tugas bantuan kepada PemKab Pasangkayu dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana banjir bandang ". Selasa, 20/10/2020 pukul 08.30 wita


Dalam sambutannya, Brigjen TNI Firman Dahlan S.I.P mengemukakan, bahwa Latihan penanggulangan bencana alam jaran korem 142/tatag merupakan penjabaran dari undang-undang RI tahun 2004 tentang tugas dan peran TNI yang antara lain melaksanakan tugas operasi militer perang dan tugas operasi militer selain perang yang didalamnya melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan sosial serta bantuan kemanusiaan atas permintaan pemerintah daerah setempat untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah sesuai dengan kemampuan dan kewenangan tugas.


Lanjut dia, Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan ini merupakan sarana bagi komandan Kodim 1427/Pasangkayu beserta para perwira selaku aparat pembina kewilayahan untuk mampu merencanakan dan menyelenggarakan operasi bantuan penanggulan penanggulangan bencana alam kepada Pemda secara profesional dan proporsional.

Dia jelaskan, Beberapa materi latihan akan diberikan dalam kegiatan ini sehingga diharapkan sebelum pelaksanaan latihan, komandan Kodim 1427/Pasangkayu dan para perwira staf wajib menguasai dan memahami doktrin operasi sebagaimana yang telah ditetapkan dalam doktrin TNI Angkatan darat Kartika aksi tentang kebijakan peningkatan kekuatan TNI Angkatan darat agar perdebatan personil TNI dalam operasi bantuan Tidak menyimpang dari landasan hukum yang telah ditentukan oleh komando atas.


5) Perlu kita ketahui bahwa sebagian besar wilayah tanggung jawab korem 142 merupakan daerah rawan bencana alam terutama di daerah kabupaten Pasangkayu sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan satuan jajaran korem 142/Tatag agar mampu melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dalam menanggulangi bencana banjir yang timbul sebagai salah satu sektor dalam rangka penanggulangan bencana alam sangat membutuhkan adanya kemantapan mekanisme koordinasi dan sinkronisasi dengan semua sikap di wilayah sehingga kemampuan penyelenggaraan koordinasi lintas sektoral harus menjadi prioritas salah satunya melalui latihan bersama bagi seperti yang kita laksanakan hari ini yakni upacara pembukaan.


"Kepada seluruh komandan, staf dan seluruh peserta diharapkan memahami dan mampu menerapkan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku serta mampu melaksanakan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi dinamika dalam penanggulangan bencana alam dan banjir, " kata Brigjen Firman Dahlan


Perwira bintang satu ini juga berpesan agar sering melakukan koordinasi komunikasi sinergitas hubungan komandan Kodim 1427/Pasangkayu dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.


Dihadiri Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa bersama pimpinan instansi terkait dan Pemerintah Kecamatan Bambalamotu, para perwira Korem 142/Tatag, Dandim 1427/Psky Letkol Inf. Novyaldi,SE, Wakapolres Kompol.Ade Candra,C.Y.S.I.K, Danramil 02 Kapten Inf.Ismail beserta jajaran dan Pemdes Randomayang dan undangan lainnya. (Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409