BLANTERVIO103

Pemdes Kasoloang Serahkan Bantuan Bibit Kakao, Makmur : Ini Visi Misi Saya Untuk Kesejahteraan Petani

Pemdes Kasoloang Serahkan Bantuan Bibit Kakao, Makmur : Ini Visi Misi Saya Untuk Kesejahteraan Petani
Kamis, 31 Desember 2020


Pasangkayu, lenteramerahnews.co.id--Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat Dana Desa Tahun anggaran 2020, Pemerintah Desa Kasoloang Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu Sulbar berikan bantuan 2000 bibit Kakao sambung pucuk kepada 40 petani Kakai Desa Kasoloang melalui Kelompok Tani Bina Bersama yang di ketuai Mardan. Pengadaan bantuan melalui Dana Desa tersebut sebagai upaya meningkatkan produksi tanaman coklat sambung pucuk demi masyarakat Desa Kasoloang sejahtera dan mandiri. Kegiatan penyaluran Bantuan Coklat sambung pucuk ini dilaksanakan di di Balai Desa. Kamis, 31/12/2020 


Kades Kasoloang menjelaskan mengenai keterlambatan penyaluran Bibit Kakao sambung pucuk yang baru diserahkan di akhir tahun ini karena dananya baru cair minggu ini. Dia juga katakan, untuk Tahun ini, penyediaan bantuan bibir kakao ini merupakan uji coba pagi petani coklat di Kasoloang sebanyak 40 orang melalui kelompok Tani Bina bersama. namun kalau masih banyak warga yang siap menanam, kembali pengadaan akan dianggarkan secara terus menerus. Dan perlu diketahui, kata Makmur, pengusulan Kelompok tani Kakao ini sudah melalui musyawarah penyusunan RKPDes Tahun 2020.


"Kebetulan Tahun ini cuma satu kelompok Tani yang mengusulkan pengadaan bibit coklat sambung pucuk," ungkap Makmur.


"2000 bibit kita siapkan. 50 bibit untuk setiap anggota kelompok tani," sebut Makmur. 

Melalui tempat ini, Dia minta kepada para Kadus untuk mendata warga yang masih mau menanam kakao sambung pucuk untuk segera disampaikan, siapatau masih bisa dianggarkan.


"Saya minta Kadus gerak cepat mendata warga yang tidak masuk kelompok, tapi sangat butuh Bibit kakao disampaikan secepatnya. Kita upayakan pengadaan tambahan, kendati ada program lain yang di tunda. Mensejahterakan petani bagian dari visi misi saya," kata Makmur.


Sementara Ketua BPD Parawansyah sangat mengapresiasi Kepedulian Kepala Desa untuk membangkitkan kembali tanaman coklat yang sempat berjaya puluhan tahun yang lalu. Ia menilai, pengadaan Bibit kakao yang merupakan Visi misi kepala Desa sudah sangat tepat dan sesuai kebutuhan petani saat ini.


Ditempat yang sama, Babinsa Serda TNI Amiruddin berharap, dengan adanya bantuan ini petani coklat dapat meningkatkan taraf hidupnya. Mamfaatkan bantuan Dana Desa sebaik-baiknya sesuai peruntukannya, jangan selalu berharap untuk di bantu. 


Dia juga meminta kepada warga agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing dan selalu menperhatikan protokol kesehatan covid-19.


"Kita harus ikut sukseskan program Pemerintah Desa yang pro rakyat," ucap Serda Amiruddin.


Di hadiri Arfan mewakili Camat Bambaira anggota BPD, para Kadus dan anggota kelompok Tani Kakao. 

(Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409