BLANTERVIO103

Ubah Lahan Tandus Jadi Produktif, Badaruddin : Syahar Layak Dapat Penghargaan KALPATARU

Ubah Lahan Tandus Jadi Produktif, Badaruddin : Syahar Layak Dapat Penghargaan KALPATARU
Sabtu, 16 Januari 2021


Sidrap, lenteramerahnews- Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Sulsel, Dr. Ir. H. Badaruddin P. Sabang, MM memuji inovasi dan kreativitas kepeloporan H. Syahruddin Alrif, wakil ketua DPRD Sulsel yang mampu mengubah padang tandus menjadi lahan produktif bernilai dollar.  


Kekaguman Badaruddin yang juga ketua DPW Partai Bulan Bintang Sulsel ini, disampaikan Kamis 14/1-2021, saat berkunjung melihat kebun porang seluas 50 Ha, yang dikelola kelompok tani milenial binaan H. Syahar, ( sapaan akrab H. Syahruddin Alrif ), di Bendoro desa Talumae Kec. Watang Sidenreng Kab. Sidrap. 


Hebatnya lagi puji Badaruddin, puluhan ribu pohon pisang dan tanaman Kelor yang jadi pelindung tanaman porang juga bernilai ekonomi tinggi, dari produksi pisang dan kelor saja sudah mampu menutupi biaya hidup para petani porang.

"Pak Syahar layak dapat penghargaan Kalpataru dari presiden, karena bukan hanya sukses menghijaukan padang ilalang menjadi lahan hijau yang produktif tapi kehebatannya memilih jenis tanaman yang oleh sebagian petani kebun di desa-desa menganggap sebagai gulma karena ketidak tahuannya tentang tanaman porang, " beber Badaruddin. 


Tapi setelah lebih kurang setahun menekuni tanaman porang dan tak lelah mengedukasi petani kini, Porang jadi emas Coklat yang kini banyak digemari petani.


Usai bercengkrama seharian bersama petani porang, Badar tak kuasa menyembunyikan rasa kagum dan jatuh cinta pada tanaman jenis umbian ini. 


"Saya akan menanam porang dan akan mengajak anggota Apkasindo Sulsel, untuk menanam porang di sela pohong sawit apalagi pohon sawit sangat cocok jadi pohon pelindung, " ujarnya. 

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409