BLANTERVIO103

Wakil Rektor Minta Mahasiswa IAIN Palu Bantu Sosialisasikan Kampus

Wakil Rektor Minta Mahasiswa IAIN Palu Bantu Sosialisasikan Kampus
Minggu, 21 Maret 2021

 


PALU, lenteramerahnews- Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Dr Abidin Djafar meminta mahasiswa perguruan tinggi itu yang bergabung di organisasi intra kampus, agar turut menyosialisasikan kampus tersebut ke masyarakat.


"UKM, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa di tingkat institut dan fakultas harus bersinergi dengan program-program institut dalam menyosialisasikan kampus ini kepada masyarakat," ucap Abidin Djafar, di Kampus II IAIN Palu, di Sigi, Sabtu, saat menyampaikan sambutaan pada rapat kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Mahasiswa (Dema).


IAIN Palu, kata Abidin Djafar, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di 12 kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah, yang salah satu tujuannya untuk mengenalkan perguruan tinggi Islam negeri tersebut kepada masyarakat dalam eksistensinya.


Selain itu, sebut dia, upaya pengenalan lewat sosialisasi tersebut, juga untuk menarik minat masyarakat agar menempuh pendidikan tinggi di IAIN Palu.


"Ini dilakukan agar mahasiswa baru kita terus mengalami peningkatan," ungkap Abidin Djafar.


Karena itu, Abidin mengatakan rapat kerja mahasiswa yang terdiri dari UKM, Sema dan Dema, perlu mensinergikan program-program kegiatan mahasiswa yang selaras dengan program-program kegiatan institut.


Olehnya, menurut dia, mahasiswa perlu membaca dan melihat langsung rencana strategis (renstra) institut, agar program yang disusun untuk 2022, benar-benar selaras.


"Renstra dan rencana induk pengembangan (RIP) IAIN Palu perlu diketahui dan dibaca oleh mahasiswa, agar mahasiswa bisa menyamakan gerakan dan visi dan misi dari setiap kepengurusan dan organisasi," ujarnya.


Lewat rapat kerja itu, Abidin Djafar juga meminta kepada mahasiswa untuk menyusun program penelitian/riset di masyarakat, yang bersinergi dengan dosen.


"Salah satu program yang perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah riset  atau penelitian yang bekerjasama dengan dosen," katanya.


Ia juga menambahkan agar, mahasiswa menyusun program tahun 2020 lebih mengarah pada bentuk pengabdian terhadap masyarakat, utamanya difokuskan pada pembinaan terhadap desa binaan IAIN Palu diantaranya Desa Pombewe, Desa Loru dan Desa Pandere.


Berkaitan dengan itu, Kabag Akademik IAIN Palu Abdul Wahab mengemukakan bahwa raker tahun 2021 akan mengevaluasi seluruh kegiatan mahasiswa di tingkat UKM, Sema dan Dema.


"Raker ini akan mengevaluasi program tahun sebelumnya, ada akan menyusun program yang terintegrasi dan bersinergi dengan visi dan misi IAIN Palu," ungkapnya.


IAIN Palu perlahan-lahan mulai menempatkan kegiatan akademik di Kampus II di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi. Di lokasi kampus II, IAIN Palu telah membangun tujuh gedung berlantai tiga, namun yang dapat digunakan hanya lima gedung. Hal itu karena dua gedung terdampak gempa tahun 2018.


Selain raker, di kampus II juga sedang berlangsung kegiatan diklat UKM Resimen Mahasiswa atau Menwa. IAIN Palu berencana akan melaksanakan wisuda tahun 2021 di kampus II pada tanggal 31 Maret. (Tim)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409