BLANTERVIO103

Bimtek Penyusunan Arkas Mattiro Sompe, Nawawi Khalid : Tertib Administrasi Penting

Bimtek Penyusunan Arkas Mattiro Sompe, Nawawi Khalid : Tertib Administrasi Penting
Senin, 05 April 2021

 


Pinrang, lenteramerahnews.co,id -- Sebanyak 24 Kepala UPT SD serta 3 Kepala UPT SMP berkumpul untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan ARKAS tahun 2021 sebagai implementasi Permendikbud no 6 tahun 2021 tentang Juknis pengelolaan dana Bos reguler tingkat Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. 


Selain kepala UPT SD dan SMP yang jadi peserta bimtek juga di ikuti Bendahara atau Operator sekolah yang menginput ARKAS sebanyak, Senin, 5 April 2021 di UPT SDN 164 Pinrang. 


Hadir sebagai narasumber, Tim Pengelola Bos Kabupaten Pinrang yang dinakhodai Wahida Gusbawati, S.E sekaligus juga sebagai Kasubag Keuangan Dinas Dikbud Pinrang. 


Dalam arahannya Korwil UPT Dikbud Mattiro Sompe, Nawawi Khalid, SPd, MM menyampaikan pesan buat Kepala UPT agar senantiasa membuat perencanaan di awal tahun anggaran seperti yang dikehendaki dalam Juknis yang berlaku.


Nawawi Khalid menekankan bahwa pentingnya tertib administrasi terutama administrasi keuangan agar tidak kewalahan pada saat menyusun LPJ nanti.

Dalam paparannya, Wahidah mengingatkan dan menitikberatkan agar dalam menganggarkan biaya perjalanan dinas senantiasa mengacu pada Juknis dan logis serta tidak menyesuaikan kemampuan keuangan sekolah.


Sementara itu, narasumber lainnya, Rafiudin,S.Pd menekankan kehati-hatian dalam menganggarkan terutama pada kolom harga satuan, tidak boleh melampaui harga yang sudah berlaku dalam Kabupaten Pinrang, (mengenai harga satuan bisa dibuka dalam aplikasi " Sipajaraja" ) 


"Prinsipnya janganlah menginput di atas daftar harga yang telah berlaku, " jelasnya. 


Rafiudin juga membimbing para operator sekolah dan Kepsek tentang teknis penginputan ARKAS tahun 2021. 


Ketua K3S SD Suleman,S.Pd. menyambut baik bimtek ini yang merupakan lanjutan dari Sosialisasi Permendikbud no 6 tahun 2021 beberapa bulan yang lalu. 


Suleman juga berharap agar ARKAS 2021 ini cepat rampung dan cepat cair. Untuk itu, Suleman mohon pengertian dan kerjasama para Kepala UPT dan Tim Bos Sekolah agar bekerja secara tim. 


"Laporan penggunaannya harus transparan dan akuntabel, " imbuhnya. 


Bimtek diakhiri dengan sesi tanya jawab dan berharap agar pada saat penyusunan LPJ nanti tidak ada kendala yang dihadapi. (alimuddin) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409