BLANTERVIO103

DPRD Sigi Studi Banding di Kabupaten Pasangkayu, Ternyata Ini Tujuannya

DPRD Sigi Studi Banding di Kabupaten Pasangkayu, Ternyata Ini Tujuannya
Kamis, 27 Mei 2021

 


Pasangkayu, Lenteramerahnews.co.id 

Rombongan DPRD Kabupaten Sigi, Provinsi Sulteng kembali kunjungi Kab.Pasangkayu, Kamis 27/05/21. Kunjungan yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Sigi ini dalam rangka koordinasi dan Studi banding pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sigi mengenai pengembangan tanaman porang sebagai referensi budidaya porang di Kabupaten Sigi.


Rombongan tersebut di terima Ketua Komisi II DPRD Pasangkayu, Muslihat Kamaluddin, S.Sos,.M.AP, Politisi Golkar H Syaifuddin A.Baso, Kadis Pertanian Pasangkayu Ir.Irman diruang Aspirasi DPRD Pasangkayu. 


Sedangkan rombongan DPRD Sigi terdiri daei Wakil Ketua I DPRD Sigi Rahmat Saleh, Plt Ketua Komisi II Muh.Umar, anggota Komisi II Ikra, Ketua Fraksi Nasdem Endang, Hj.Sumarni (Gerindra), Sumardi (Golkar), Darwis Saingi (PKB), Ruslan (Demokrat) dan Staf Setwan DPRD Sigi.


Wakil Ketua DPRD Sigi dari Partai Gerindra, Rahmat Saleh mengungkapkan, kedatangan DPRD Sigi di Pasangkayu karena ketertarikan terhadap komoditi tanaman porang yang telah di kembangkan di wilayah Pasangkayu. Mengingat Wilayah Sigi merupakan daerah agraris yang tidak ada lautnya, maka salah satu komoditi yang punya nilai ekonomis tinggi yang cocok dikembangkan di Kab.Sigi ialah tanaman porang selain tanaman kakao yang sudah menjadi komoditi utama petani di Sigi.


"Kami berharap minimal ada oleh-oleh bagaimana cara penanaman porang yang dibawa pulang," kata Rahmat Saleh. 


Sementara anggota DPRD Pasangkayu, Syaifuddin A.Baso menjelaskan, untuk tahun ini Pemkab Pasangkayu belum menganggarkan pengadaan tanaman porang, namun Provinsi Sulbar memprogramkan untuk dianggarkan lewat APBD Provinsi tahun 2021.


Syaifuddin mengatakan, tanaman porang ini sangat luar biasa hasilnya jika dibandingkan tanaman sawit. Meski diakuinya tanaman porang ini belum ada ukuran hasilnya di Pasangkayu, tapi tanaman porang sudah di minati petani.


Rombongan DPRD Sigi didampingi Komisi II DPRD Pasangkayu lakukan kunjungan di titik budidaya tanaman porang di Kecamatan Pasangkayu dan Kecamatan Bambaira. (Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409