BLANTERVIO103

Ini Jawaban Tanggapan Bupati Soal Dua Ranperda Prakarsa DPRD Sigi

Ini Jawaban Tanggapan Bupati Soal Dua Ranperda Prakarsa DPRD Sigi
Kamis, 28 Oktober 2021


SIGI, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

DPRD Sigi menjawab tanggapan Bupati Sigi terhadap pengajuan Ranperda Penyalahgunaan Obat dan Inhalan serta Perlindungan Pekerja migran Indonesia, berlangsung, Rabu 27 Oktober 2021.


Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sigi Mohamad Rizal Intjenae, didampingi Ketua II DPRD Sigi Imran Latjedi, dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum, Selvi.


Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Jamaludin L Nusu, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sigi yang telah menyambut baik pengajuan dua Ranperda Inisiatif DPRD Sigi, yang disampaikan pada rapat paripurna 25 Oktober 2021 lalu.


"Apresiasi kepada Bupati  Sigi yang menyambut baik pengajuan Ranperda ini, dan memiliki pandangan yang sama serta seirama dengan  DPRD," ucap Jamaluddin.


Ia pun berharap, pembentukan Ranperda ini dapat menjadi pedoman dalam merumuskan kebijakan terkait dengan penyalahgunaan obat dan inhalan, serta kebijakan terkait dengan perlindungan pekerja migran.


Ranperda ini kata dia, merupakan persoalan yang urgen, dan menjadi tanggungjawab bersama untuk mengatasinya, sehingga dampak dari penyalahgunaannya dapat diminimalisir agar tidak menimbulkan korban yang lebih banyak terutama bagi anak dan remaja.


"Ranperda ini tidak mengatur pengawasan tentang peredaran ataupun penjualan obat dan inhalan, namun pengawasan terhadap penggunaannya," terangnya.


Selanjutnya terhadap Ranperda Perlindungan Pekerja Migran, DPRD juga memiliki pandangan  yang  sam sama dengan Pemerintah Kabupaten Sigi, dimana pekerja migran memiliki peran yang  penting dalam peningkatan devisa. 


"Terlebih lagi pekerja migran asal Kabupaten Sigi dimana berdasarkan data, penyumbang terbesar di Sulawesi Tengah, sehingga kehadiran ranperda ini diharapkan dapat menjadi payung hukum dalam melindungi pekerja migran asal daerah ini, mulai dari perlindungan sebelum dan setelah bekerja," paparnya. (Ardi)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409