BLANTERVIO103

Lahan 2000 Hektar, Kadistan Pasangkayu Usulkan Bantuan Bibit Jagung di Kementan

Lahan 2000 Hektar, Kadistan Pasangkayu Usulkan Bantuan Bibit Jagung di Kementan
Senin, 21 Maret 2022

 


Pasangkayu.lenteramerahnews.co.id.

Untuk membantu Peningkatan tanaman pangan jagung di Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Dinas Pertanian mengusulkan bantuan bibit jagung dengan luas lahan 2000 hektar melalui Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. 


Dalam kunjungannya minggu lalu di Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Kadis Pertanian Kabupaten Pasangkayu, H Nurdin, S.Pt. M.Si, Mengusulkan sebanyak 117 kelompok tani yang sudah CPCL (Calon Petani Calon Lahan) yang layak diberikan bantuan bibit jagung. 


"Saat ini petani kesulitan dapat bibit jagung, olehnya itu Kita usulkan langsung di kementerian Pertanian. Kami juga sudah usulkan ke Bupati pengadaan bibit jagung untuk tahun anggaran 2023. Kita berharap semoga bisa diadakan di anggaran perubahan 2022," Ungkap Nurdin di ruang kerjanya. Senin, 21/03/22. 


Selain pengadaan bibit jagung, Sambungnya, Pihaknya juga usulkan pengadaan bibit padi, sayur-sayuran, palawija dan pupuk untuk tahun 2023. Bagi Petani yang tidak dapat subsidi itulah yang dibantu dari pengadaan Pemda. 


Sejak dilantik kadis pertanian, Nurdin lebih banyak turun lapangan untuk mendengar langsung keluhan petani. 


"Saya banyak turun lapangan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan yang dialami selama ini oleh petani. Terutama susahnya pupuk dan bibit," Kata Nurdin. 


Mantan Camat Pedongga ini tambahkan, Untuk memaksimalkan pengelolaan lahan pertanian, Dia perintahkan seluruh koordinator BPP untuk melakukan pembenahan di internal BPP. 


"Sarana BPP akan kita lengkapi. Untuk 2023  nanti disetiap BPP ada demplot sebagai percontohan bagi kelompok tani. Kita mau pakai sisitem pertania berjalan dengan baik agar keliatan kita punya kegiatan," Tutur Nurdin. 


Untuk memaksimalkan peran penyuluh (PPL), Nurdin akui telah mengusulkan tambahan operasional bagi penyuluh melalui APBD Kabupaten. 


"Minimal ada sedikit suntikan dari APBD Kabupaten untuk operasional penyuluh," Kuncinya. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409