BLANTERVIO103

PAS Semester Genap dengan Tes Berbasis Komputer Digelar di UPT SDN Se-kecamatan Tiroang

PAS Semester Genap dengan Tes Berbasis Komputer Digelar di UPT SDN Se-kecamatan Tiroang
Senin, 11 April 2022


PINRANG, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan serangkaian kegiatan evaluasi untuk memperoleh, menganalisis dan mentafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.


Ada hal yang berbeda dari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap tahun pelajaran 2021/2022 dilakukan secara serentak melalui aplikasi Candy CBT versi VHD menggunakan Client Android VC/Laktop di semua UPT SD sekecamatan Tiroang. 


"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena adanya sistem ini, jika sebelumnya selalu menggunakan kertas, pelaksanaan tahun ini berbasis komputer atau yang disebut Computer Base Test (CBT). Ini semua berkat kerjasama yang baik dari Pengawas, kepala UPT dan guru-guru melalui wadah KKG wilayah Kecamatan Tiroang," kata H.Dalle, S.Pd selaku korwil dan pengawas yang datang memantau langsung pelaksanaan kegiatan di UPT SDN 90 Pinrang yang berada di Boki Kelurahan Pammase. 


Sistem yang pertama kali digunakan untuk ulangan semester ini dilakukan selama 4 hari (11-14 April 2021), dilaksanakan  satu sesi dalam seharinya.


Pemanfaatan teknologi komputer sebagai salah satu media yang digunakan untuk penilaian akhir semester (PAS) ini terdapat banyak manfaatnya. 


Dalle menjelaskan, penilaian berbasis Komputer ini dilakukan agar siswa lebih siap menghadapi tantangan zaman ke depannya. 


Selain itu, menurut PLT Kepala UPT SDN 90 Pinrang Rais, S.Pd menegaskan problem pemborosan kertas yang selama ini dialami juga bisa diatasi dengan menerapkan sistem tersebut". “Tentunya, penginputan nilai juga akan jauh lebih cepat” ungkapnya.


Melalui penilaian berbasis komputer, terangnya, peluang siswa untuk saling mencontek sangat tipis karena soal teracak oleh sistem. “Tentunya hal tersebut sangat baik bagi siswa” lanjutnya.


Walaupun dilaksanakan masih dalam suasana pandemi namun tetap mengikuti aturan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. (Alimuddin)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409