BLANTERVIO103

Pandemi Covid-19 Menuntut Management Kinerja Lebih Baik, Karyawan Bisa Apa?

Pandemi Covid-19 Menuntut Management Kinerja Lebih Baik, Karyawan Bisa Apa?
Minggu, 12 Juni 2022


Lenteramerahnews.co.id

Awal tahun 2020, Pandemi covid - 19 menyerang seluruh dunia, Termasuk Indonesia. Pandemi ini menyebabkan semua pekerjaan orang-orang menjadi tertunda, baik dari pekerjaan sehari-hari, pekerjaan sekolah bahkan pekerjaan di dalam suatu perusahaan diakibatkan 90 persen orang takut untuk keluar rumah dan menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. 


Hal ini menyebabkan sebuah perusahaan tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Setiap karyawan lebih cenderung masuk kerja dengan cara online. Itu yang menyebabkan suatu pekerjaan atasan maupun karyawan lainnya menjadi tidak efektif dan tidak terselesaikan dengan tepat waktu. 


Pasca pandemi covid -19 melanda Indonesia selama dua tahun, ini berdampak pada semua sektor khususnya perekonomian.  Perekonomian masyarakat menjadi sangat menurun dan tidak stabil. Maka dari itu, Sebuah perusahaan akan menuntut seluruh karyawannya untuk bekerja dengan seefektif, seefisien dan sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu sesuai yang diinginkan oleh atasan maupun perusahaan. 


Para pengusaha masih berusaha untuk mencari cara untuk mengelola bisnis yang tepat di masa pandemi Covid - 19 melanda. Para pelaku bisnis akan mencari cara terbaik untuk tetap bertahan sembari berharap pandemi ini segera berakhir di tengah ketidakpastian. 


Dunia bisnis di era globalisasi pemasaran produk baik barang maupun jasa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Media sosial merupakan produk dari teknologi informasi memberikan manfaat optimal bagi pelaku usaha. Dengan media sosial pelaku usaha dapat memaparkan spesifikasi produk, kualitas, dan harga sehingga konsumen bebas untuk memilih barang yang dibutuhkan sesuai dengan yang di inginkan. 


Selain memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi dalam pandemi covid-19  penting pula untuk memperhatikan beberapa hal agar pelaku bisnis tidak rugi besar. Hal yang perlu diperhatikan ialah mengutamakan kesehatan. Bisnis akan tetap berjalan selama para karyawan sehat sehingga kegiatan operasional tidak terganggu, maka dari itu perlunya Work From Home (WFH) sepertiyang disarankan pemerintah bisa menjadi solusi yang tepat dengan didukung penggunaan teknologi untuk pengelolaan bisnis, pemantauan data, dan pengambilan keputusan. Dengan melakukan pekerjaan melalui WFH maka dapat mengurangi risiko para karyawan tertular covid maupun risiko biaya kesehatan yang akan meningkat jika tertular Virus COVID-19. 


Dengan munculnya wabah pandemi, cukup banyak strategi yang muncul dan digunakan dalam waktu yang sangat cepat. Hal tersebut  dapat menjadi pembelajaran yang sangat berharga untuk orang-orang terlibat pada lingkungan organisasi bisnis. Di masa depan akan terjadi perubahan paradigma di segala bidang, oleh karena itu setiap organisasi bisnis harus selalu meninjau ulang manajemen strategis mereka, baik itu strategi yang sedang berlangsung atau yang akan direncanakan. 


Nama : Lena Ayu Hefiani (2019008366)

Dosen Pengampu : M. Ahyar SL, S.E.,M.M.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409