BLANTERVIO103

Terkait Pasangan Lansia di Wilayahnya, Berikut Penjelasan Lurah Uluale dan Camat Watang Pulu

Terkait Pasangan Lansia di Wilayahnya, Berikut Penjelasan Lurah Uluale dan Camat Watang Pulu
Senin, 06 Juni 2022

  


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Lurah Uluale, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Mustafa, memberi tanggapan atas adanya pemberitaan dan narasi di media sosial, terkait pasangan lanjut usia sakit parah di wilayahnya yang diabaikan pemerintah.


Ia dengan tegas menampik pernyataan yang menyebut pemerintah mengabaikan pasangan lansia Abdullah (62 tahun) dan Rosmini (57 tahun) tersebut.


"Itu sepenuhnya tidak benar, setiap bulan pihak puskesmas memerintahkan salah satu petugas kesehatan setempat untuk selalu mengontrol kesehatan kedua lansia itu," beber Mustafa, Ahad (5/6/2022).


Mustafa menambahkan, pihaknya berniat membawa lansia tersebut ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan perawatan lanjutan.


"Namun kami terkendala karena pihak keluarga sendiri tidak setuju kalau kedua lansia tersebut kami rujuk ke rumah sakit, dengan alasan pihak keluarga sendiri tidak mampu menjaga di rumah sakit," terangnya.


Diungkapnya pula, kedua lansia selama ini mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti PKH yang diterima tiap bulan dan bantuan lansia melalui Dinas Sosial Kabupaten Sidrap. 


"Bahkan pemerintah selama ini  memberikan BPJS gratis kepada Abdullah dan istrinya, kemarin juga  pemerintah kecamatan membawakan beras ke rumah beliau," sebut Mustafa.


Sementara itu Camat Watang Pulu, Andi Surya Praja Hadiningrat memberi penjelasan perihal kondisi rumah pasangan lansia yang tidak layak huni.


"Kami sudah dua tahun selalu mengusulkan untuk bedah rumah. Namun pemerintah daerah tidak memiliki program bedah rumah selama dua tahun kemarin, karena kebanyakan anggaran di seluruh kabupaten terfokus di penanganan covid-19 dan refocusing anggaran sesuai arahan pemerintah pusat," jelasnya.


Andi Surya juga memaparkan, pihaknya telah mengusulkan ke Baznas Sidrap untuk program bedah rumah lansia Abdullah.


"Kami juga sampaikan ke anggota DPRD Sidrap Dapil 3, Bapak Sudarmin Baba. Insya Allah beliau dalam waktu dekat akan membedah rumah Abdullah, dan Abdullah dan istrinya saat ini  sudah dievakuasi pindah sementara untuk menunggu pekerjaan rumahnya selesai," ucap Andi Surya.

(*) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409