BLANTERVIO103

Tim PKM Unismuh Gelar Pelatihan Ilmu Falak

Tim PKM Unismuh Gelar Pelatihan Ilmu Falak
Sabtu, 24 September 2022


MAKASSAR, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

TIM PKM UNISMUH Menggelar Pelatihan Ilmu Falak di Ponpes Darul Fallah Unismuh Makassar Dirangkaikan Penyerahan Hibah Instrumen Pengukuran Arah Kiblat.


PKM yang kemudian juga sering disebut dengan istilah pengabdian masyarakat adalah tugas pokok dosen, sehingga sifatnya wajib.


 Pengabdian masyarakat sendiri merupakan proses implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya langsung kepada masyarakat menggunakan metodologi ilmiah sebagai penyebaran dan amanah pemenuhan Tri Dharma Dosen. 


Oleh sebab Tim PKM Unismuh Makassar Menggelar Pelatihan Ilmu Falak di Ponpes Darul Fallah Unismuh di Bissoloro dengan Tema ”Pelatihan Pembuatan Softwear Excel Pengukuran Arah Kiblat pada Pondok Pasantren Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro”. Sabtu-ahad 24-25 September 2022.

Tim PKM Unismuh ini merupakan penerima Hibah PKM Internal yang diselenggarakan Unismuh setiap tahunnya dengan melakukan pengiriman proposal rencana PKM terlebih dahulu kemudian di implementasikan kepada masyarakat, TIM PKM ini terdiri dari Ketua TIM Mursyid Fikri S.Pd.I.,MH, merupakan dosen Ahli Falak Unismuh Makassar, Anggota 1.Indriana SE.,M.Ak Dosen dari Prodi Akuntansi. Anggota 2. M. Amin Umar S.Pd. M.Pd.I dosen Prodi PAI yang juga sekligus Wakil Dekan IV Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unismuh.


Kegiatan ini di ikuti oleh santri/santriwati yang duduk dibangku Madrasha Aliyah PONPES Darul Fallah beserta Guru pendamping Al-islam dan kemuhammadiyaan serta perwakilan mahasiswa Unismuh Makassar yang sekligus bertindak sebagai Fasilitator.


Ketua TIM PKM Mursyid Fikri, S.Pd.I.,MH yang juga selaku sekertaris Gugus Kendali (GKM) Fakultas Agama Islam dalam Sambutannya menyampaikan bahwa:

“Secara pribadi saya menganggap Kegiatan PKM ini merupakan Amanah saya kepada persyarikatan Muhammadiyah Khususnya PWM Sul-sel sebagai salah satu kader yang telah di Kuliahkan pada jurusan Magister Ilmu Falak oleh UNISMUH 2017 silam untuk membentuk Kader yang mampu menjadi penyambung lidah pemahaman Hisab dan ilmu Falak yang ada di Muhammadiyah”


PKM juga merupakan agenda wajib yang harus senantiasa di lakukan Dosen minimal dua kali dalam setahun sebagai bentuk menjalankan amanah Tri darma perguruan tinggi.


 Sehingga kami sangat bersyukur Unismuh Makassar menyediakan Hibah Penelitian dan Pengabdian Internal setiap tahunnya.


Kegiatan ini pula kita harapkan akan menjadi Ikon gerakan Pondok Pasantren Muhammadiyah yang ada di Sulsel Karen ini menjadi nilai lebih tersendiri dan itu berawal dari PONPES Darul Fallah ini. InsyaAllah ikhtiar kita semua Ponpes Muhammadiyah dapat mengikuti jejak PONPES Darul Fallah dan dapat menyebarkan manfaat yang luas kepada masyarakat.


Kyai Ponpes Amir S.Pd.I dalam sambutanya menyampaikan bahwa :

“Kami sangat bersyukur dengan Adanya kegiatan pelatihan ini yang di pelopori oleh TIM ilmu Falak unismuh karena permasalahan ini terus terang yang banyak ditanyakan oleh masyarakat”


Kedepan dengan adanya pelatihan dan hibah alat Instrumen dari unismuh ini kami merencanakan membuat dan melounching Mulok Ilmu falak agar ilmu yang disampaikan dapat terus di pertahankan sampai seterusnya.


Direktur Pondok Pasantren darul Fallah Dr. Dahlan lama Bawa S.Ag., M.Pd.I di hubungi dengan media ini terkait tanggapannya, beliau mengatakan:


“Atas nama Pimpinan Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro mengucapkan terimakasih banyak atas penempatan pelatihan ini di Ponpes Darul Fallaah yang merupakan Lab.School Unismuh Makassar untuk pengembangan Ilmu-ilmu Kependidikan dan Pelatihan.”


Hal ini sangat penting karena dapat membekali para santri Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar dengan keakhlian khusus dan ini sesuai dengan Visi Ponpes Darul Fallaah yakni Mewujudkan Darul Fallaah sebagai sekolah kader yang memiliki keunggulan, Skill and Liadership. Dengan Pelatihan ini, santri yang dipersiapkan menjadi Kader Muhammadiyah dapat Memahami dan mengaplikasikan teknologi penentuan arah kiblat.


Terkahir beliau mengungkapkan bahwa Pelatihan ini sebagai langkah tepat dan menjadi solusi atas problem arah kiblat di masyarakat khususnya masyarakat Desa Bissoloro dan sekitarnya, di mana para santri dapat hadir menjadi solusi froblem tersebut karena sudah dibekali ilmu penentuan arah kiblat dalam pelatihan ini


TIM PKM pada Kegiatan Ini Pula menghibahkan Instrumen Pengukuran Arah Kiblat kepada Pondok untuk memantapkan gerakan “Akurasi Arah Kiblat” sebagai bentuk implementasi semangat KH. Ahmad Dahlan diawal berdirinya Muhammadiyah.

(mursyid fikri) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409