BLANTERVIO103

Pemerintah Desa Kasoloang Gelar Musdes Penetapan APBDes TA 2023

Pemerintah Desa Kasoloang Gelar Musdes Penetapan APBDes TA 2023
Rabu, 08 Maret 2023

  


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Pemerintah Desa Kasoloang, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu gelar Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2023. 


Musdes penetapan APBDes TA 2023 laksanakan di Aula Desa Kasoloang. Rabu, 08/03/23. 


Sebelum penetapan APBDes, Pemdes Kasoloang verifikasi dan tetapkan jumlah KPM (Keluarga Penerima Mamfaat)  BLT Dana Desa TA 2023. 


Dibuka oleh Kades Kasoloang Makmur, S.Sos, yang di hadiri Babinsa Serda TNI Amiruddin, Ketua BPD Parawansah, Pendamping Lokal Desa Akbar, Pendamping Desa Kecamatan Bambaira Aena Almaradia, PPL Nurdin, Bidan Desa, Para perangkat Desa serta puluhan tokoh masyatakat. 

Sebelum penetapan jumlah KPM BLT Dana Desa, Pendamping Desa Kecamatan Bambaira, Aena Almaradia  menjelaskan bahwa Formula pembagian dana desa dari pusat ke desa berdasarkan kategori dasar yaitu Alokasi jumlah penduduk, Alokasi Avirmasi, Alokasi kinerja, dan jumlah penduduk miskin. 


Lanjutnya, Untuk formula dana desa KPM BLT DD tahun ini minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari dana desa dengan kategori masyatakat yang miskin ekstrim. 


"Jadi di peruntukan untuk warga yang betul-betul miskin ekstrim. Data yang ada akan kita verifikasi bersama-sama," Ujarnya. 


Sementara itu, Babinsa Serda Amiruddin menekankan kepada seluruh Kepala Dusun dan relawan desa Kasoloang untuk betul-betul melakukan pendataan bagi KPM secara cermat dan akurat sehingga tidak menimbulkan protes dari warga dikemudian hari. 


Melalui sambutannya, Kades Kasoloang, Makmur memaparkan program skala prioritas yang akan di lakukan oleh Pemdes Kasoloang tahun 2023 termasuk pemanfaatan dana ketahanan pangan sebanyak 20 persen dari dana desa. 


Untuk data KPM Dana Desa Tahun ini, Makmur mengatakan, dana maksimal 25 persen dari dana desa untuk BLT akan kita maksimalkan sehingga ada sekitar 72 warga yang akan di berikan BLT tahun ini. 


"Jadi data KPM tahun lalu yang penerima BLT akan kita verifikasi kembali siapa yang layak untuk menerima BLT tahun ini. tentunya dengan kriteria kemiskinan ekstrim," Kata Makmur. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409