BLANTERVIO103

Baznas Pasangkayu Bantu Sepeda Dua Warga Penjual Ikan Keliling

Baznas Pasangkayu Bantu Sepeda Dua Warga Penjual Ikan Keliling
Selasa, 18 Juli 2023

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat  sebagai lembaga resmi negara yang berwenang mengumpul, mengelola dan mendistribusikan zakat, Infaq dan sedekah kembali melakukan kegiatan sosial. 


Hari ini, Selasa, pagi, 18/07/23, bertempat di sekretariat Baznas Pasangkayu lantai satu Masjid Almadaniah Pasangkayu. Baznas Pasangkayu memberikan bantuan dua buah sepeda gandeng merk JIEYANG masing 2 termus tempat ikan kepada warga Kelurahan Pasangkayu yang kesehariannya penjual ikan keliling yaitu Rasmawati (53 th) warga Lingkungan Tanjung harapan, dan Erni (32 th) warga Lingkungan Tanjung Babia. 


Kedua penggandeng ikan keliling tersebut merupakan binaan Baznas Pasangkayu. 


Penyerahan bantuan tersebut di hadiri H Uksin Djamaluddin, Staf Khusus Bupati Pasangkayu bidang Budaya dan Kesra,  Ketua Baznas Pasangkayu, Ustadz Ahmad Adrian, Wakil II Ustadz Abdul Razak, dan staf Baznas Pasangkayu 


Sebelum penyerahan bantuan, Ketua Baznas Pasangkayu, Ustadz Ahmad Adrian mengatakan, Baznas sampai saat ini telah melakukan pemberian bantuan baik yang bersifat konsumtif maupun yang bersifat pemberdayaan. 


Lanjut Dia, Kegiatan Baznas yang dilakukan selama ini sesuai 5 program Baznas Kabupaten Pasangkayu yaitu

Pasangkayu Sejahterah, Pasangkayu Cerdas, Pasangkayu Sehat, Pasangkayu peduli sosial, dan Pasangkayu taqwa. 


"Jadi Baznas Pasangkayu turut andil dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai visi misi pemerintah," Kata Ustadz Ahmad Adrian. 


Kepada penerima bantuan, Ustadz Ahmad Adrian meminta agar kedepannya menginfakkan sebagian rezekinya, Karena tidak menutup kemungkinan kedepannya para penjual ikan dapat dibantu dengan sepeda motor. "Saya harap kita bisa berinfak, berapa-berapa saja sesuai kemampuan," Imbuhnya. 


Ditempat yang sama, Staf khusus Bupati Pasangkayu yang membidangi Budaya dan Kesra, H Uksin Djamaluddin, SH.,M.Si, Menyampaikan apresiasi pemerintah daerah kepada Baznas Pasangkayu yang telah turut andil dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program keumatan. 


Dia katakan, Pemberian bantuan sepeda bagi penjual ikan yang diadakan Baznas Pasangkayu membuktikan jika Baznas Pasangkayu secara tidak langsung membantu mensukseskan visi misi Pemerintah Daerah. 


Kepasa penerima bantuan, Uksin Djamaluddin berharap dengan adanya bantuan sepeda dari Baznas, pendapatan perekonomian warga mengikat. "Saya berpesan agar bantuannya digunakan sebaik-baiknya, semoga bermanfaat meningkatkan ekonomi keluarga," Ucapnya. 


Sementara Wakil Ketua II bidang pendistribusian dan pendayagunaan menjelaskan kehadiran Baznas dalam upaya meningkatkan ekonomi umat melalui pemberdayaan dan bagaimana seorang mustahik (penerima zakat, Infaq dan sedekah) bisa menjadi muzaki (Pemberi Zakat). 


Kepada para penjual ikan yang menjadi binaan, Sambung Abdul Razak, Baznas hadir untuk mendampingi mereka termasuk memantau perkembangan ekonomi mereka setelah menerima bantuan dari Baznas. karena tidak tertutup kemungkinan kedepannya para penjual ikan keliling dibantu dengan sepeda motor. 


Lebih jauh dia jelaskan, Untuk mengoptimalkan Zakat, Infaq dan sedekah di Kecamatan dan Desa, Baznas Pasangkayu telah membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap kantor KUA se-Kabulaten Pasangkayu sesuai perintah Peraturan Bupati tahun 2018 tentang Baznas. 


"UPZ diminta bekerja mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah di daerahnya masing-masing, lalu dilaporkan ke Baznas Pasangkayu. Kemudian Kami menyalurkan kembali ke warga dalam wilayah UPZ tersebut," Pungkasnya. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409