BLANTERVIO103

Buka Kampanye Germas, Sekda Sigi: Bertujuan Memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat

Buka Kampanye Germas, Sekda Sigi: Bertujuan Memasyarakatkan Budaya Hidup Sehat
Kamis, 21 September 2023


SIGI- Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Drs Nuim Hayat, membuka secara resmi Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), berlangsung di Puskesmas Kinovaro, Rabu (20/9/2023). 


Kegiatan itu dirangkaikan dengan Deklarasi Pilar 1 STBM (Stop Buang Air Besar Sembarangan), Kampanye Sejuta Telur dan Pemberian Tablet Tambah Darah Kecamatan Kinovaro. 


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sigi Nuim Hayat, mengatakan, bahwa Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meningkatkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 


"Budaya hidup sehat dapat dimulai dari diri sendiri. Kegiatan ceremony hari ini sebenarnya mendorong masyarakat untuk hidup sehat dan mengkampanyekannya serta mensupport masyarakat supaya berlaku hidup sehat," ujar Sekda. 


Terkait Deklarasi Pilar 1 STBM, Sekda, mengatakan bahwa Kepala Desa bertanggung jawab menyiapkan jamban atau tempat buang air umum untuk masyarakat melalui ADD atau DD jika masyarakat belum mampu menyiapkan sendiri. Dan terkait kegiatan Gerakan Sejuta Telur, Ia mengatakan bahwa gerakan ini sudah cukup lama dilakukan di Sigi. 


Sekda juga memberikan apresiasi kepada Kepala Puskesmas Kinovaro dan jajarannya yang sudah melakukan gerakan ini, dan gerakan tersebut harus didorong ke desa-desa. 


"Para Kepala Desa harus mengkampanyekan gerakan hidup sehat kepada masyarakat. Dan kepada Camat agar seluruh ASN yang ada di Kecamatan Kinavaro harus ikut berpartisipasi dalam Gerakan Sejuta Telur. Kami pun berharap gerakan ini dapat menjadi budaya dalam masyarakat," jelasnya.


Hadir di kesempatan itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Camat Kinovaro, Kepala Puskesmas Kinovaro, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA Kecamatan Kinovaro , para Kepala Desa, Para Kader, dan para Lansia. Rabu, 20 September 2023. (Ardi)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409