BLANTERVIO103

Satgas TMMD Ke-118 Bersama PKM Pasangkayu II Sosialisasi dan Penyuluhan Posbindu PTM

Satgas TMMD Ke-118 Bersama PKM Pasangkayu II Sosialisasi dan Penyuluhan Posbindu PTM
Selasa, 26 September 2023

Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id. Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 1427/Pasangkayu melaksanakan kegiatan  non fisik berupa sosialisasi dan penyuluhan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) kepada warga Desa Ako. 


Kegiatan ini diadakan di Posko TMMD Desa Ako kerjasama Puskesmas (PKM) Pasangkayu II dengan narasumber Anjas, SKM. 


Anjas jelaskan, Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan faktor pemantauan resiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan berkala. 


Anjas katakan, Posbindu PTM memiliki tujuan yang jelas, yaitu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular dan Ini dapat membantu mengurangi kejadian PTM di komunitas tersebut. 


Menurut Anjas, Posbindu PTM bisa diintegrasikan dengan berbagai kegiatan yang ada di masyarakat, seperti di tempat kerja, lembaga pendidikan, atau tempat-tempat lain di mana orang berkumpul secara rutin. Ini memungkinkan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara lebih efisien. 


Sambung Anjas, Penting juga untuk memiliki kader-kader kesehatan yang terlatih dalam pelaksanaan Posbindu PTM, dan kriteria mereka yang minimal bisa baca dan tulis serta berpendidikan SLTA atau sederajat akan membantu memastikan keberhasilan program ini. 


"Posbindu PTM dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Posbindu PTM dasar yang melibatkan pemeriksaan deteksi dini faktor risiko, pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lainnya. Semua ini merupakan langkah penting dalam upaya pencegahan PTM," Kuncinya. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409