BLANTERVIO103

Tim Pengmas SKSG UI Melakukan Kunjungan Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat dan Aksi Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Aksi Smart Green 2023

Tim Pengmas SKSG UI Melakukan Kunjungan Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat dan Aksi Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Aksi Smart Green 2023
Selasa, 10 Oktober 2023

 


Pasangkayu, lenteramerahnews.co.id-- Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) mengadakan kunjungan kerjasama dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Smart Green 2023 bersama Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat pada 7-10 Oktober 2023. Pada seremonial acara peresmian kerjasama SKSG – UI dan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Dr. Lin Yola perwakilan dari tim SKSG UI menyampaikan bahwa 3 bidang kerjasama bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan didesain untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang perlu ditindaklanjuti dengan perencanaan dan pelaksanaan aksi nyata dengan lintas pemangku kepentingan; akademisi, pemerinta, swasta dan Masyarakat. Bapak Yunus Alam, S.Pd., M.Si., mewakili Bapak Bupati Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, menekankan dalam sambutannya bahwa beberapa sektor strategis di Pasangkayu perlu urgensi support dari pihak akademisi agar percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan Masyarakat dapat dilaksanakan dengan maksimal.


Pada kesempatan ini, tim SKSG UIDosen SKSG UI Dr Lin Yola sebagai ketua program Smart Green 2023 menekankan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk aksi agenda mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, yang mensosialisasikan pentingnya kesadaran dan penerapan gaya hidup hijau dan cinta lingkungan di kalangan pelajar dan masyarakat.


Tahun lalu, Program Kampanye Smart Green 2022 dilakukan pada lingkungan Sekolah  Menengah Atas Jakarta. Pada tahun ini, Program Smart Green 2023 dilakukan SKSG UI dengan turun lapangan ke  lingkungan masyarakat pesisir Jakarta Utara dan lingkungan Sekolah Menengah Atas Pasang Kayu. 

Pada acara puncak kampanye Program Smart Green 2023 yang digelar oleh tim SKSG UI yang terdiri dari dosen-dosen dan mahasiswa paska sarjana serta dihadiri oleh para guru dan pelajar Sekolah Menegah Atas Pasangkayu. Acara ini menekankan sosialisasi Program Smart Green 2023 yang memperkenalkan gaya hidup hijau dan cinta lingkungan.    


"Kampanye Smart Green 2023 adalah program yang dinisiasi sejak tahun 2021 dengan merangkul para akademisi dan stakeholder nasional maupun internasional. Program Smart Green ini merupakan aksi sivitas akademika dalam mengupayakan sosialisasi penerapan gaya hidup hijau yang bukan hanya ramah lingkungan, tetapi juga pintar  pada kehidupan sehari-hari. Tahun ini, kampanye kita adakan dengan sosialisasi dan pendampingan aksi gaya hidup hijau di kalangan masyarakat bersama  mitra kelurahan Rorotan Cilincing Jakarta Utara dan Pelajar Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pasangkayu" kata Dr Lin Yola pada puncak acara, Senin (9/10/2023).


“Kegiatan ini sangat bagus untuk mengajak para pelajar  untuk dapat berperan serta dalam melakukan upaya peningkatan kesadaran gaya hidup hijau yang cerdas di kalangan keluarga dan masyarakat. Semoga kegiatanpenghijauan dan mengurangi polusi di Jakarta. Semoga ke depannya dapat dilakukan dengan skala yang lebih luas lagi dan berkesinambungan ” kata melalui sambutannya pada aksi sosialisasi Smart Green 2023 di kawasan kantor Bupati Pasangkayu


Sosialisasi ini juga dilaksanakan melalui diskusi dan tanya jawab interaktif tentang pentingnya gaya hidup hijau yang cerdas, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  Dr. Lin Yola menambahkan, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi penerapan gaya hidup hijau dan cinta lingkungan di kalangan masyarakat Pasangkayu, serta dapat dilanjutkan pada kawasan kabupaten lainnya.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409