BLANTERVIO103

Buka Festival Danau Lindu, ini Harapan Bupati Sigi

Buka Festival Danau Lindu, ini Harapan Bupati Sigi
Sabtu, 25 November 2023

 

S


IGI– Festival Danau Lindu (FDL) 2023 secara resmi dibuka oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan, bertempat di Desa Tomado, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Kamis, 23 November 2023, malam.


Pemukulan Gimba Oleh Bupati Sigi, Mohamad Irwan, Staf Ahli Gubernur, Farid Rifai dan tokoh adat, sebagai penanda dimulainya Festival Danau Lindu 2023.


Dengan mengusung tema “Warisan Alam dan Warisan Budaya menuju Warisan Dunia”, FDL 2023 menyajikan berbagai macam pentas seni dan budaya serta kearifan lokal yang dimiliki masyarakat.


Rangkaian FDL berlangsung selama tiga hari, bertempat di Desa Tomado, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, pada 23-25 November 2023.


Bupati meminta masyarakat dan pemerintah setempat terus berupaya melestarikan alam dan budaya di Kabupaten Sigi khususnya di wilayah Taman Nasional Lore Lindu. 


Selain itu kata dia, FDL memiliki potensi untuk mengangkat budaya daerah sekaligus untuk mengenalkan pariwisata daerah ke masyarakat luas yang pada akhirnya akan berdampak terhadap pemulihan ekonomi dan pemulihan pariwisata daerah.


Even pariwisata ini diharapkan sebagai awal bangkitnya pariwisata, khususnya di Kabupaten Sigi, setelah berapa tahun terakhir terpuruk akibat bencana alam maupun pandemi. Selain itu, diharapkan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas.


“Harapannya dapat menarik wisatawan ke Sigi, baik asing maupun domestik,” harapnya.


Bupati mengungkapkan ke depan akan membangun spot-spot menarik di kawasan Danau Lindu agar lebih menarik pengunjung lokal maupun luar daerah.


Objek wisata Danau Lindu menawarkan beberapa spot destinasi kepada wisatawan di antaranya keindahan dan keunikan danau yang terletak di pegunungan, budaya dan adat istiadat, cagar budaya serta potensi hutan.


Bupati Sigi, Mohamad Irwan menyampaikan terima kasih kepada panitia, Camat serta mayarakat setempat, maupun OPD terkait atas terselenggaranya FDL 2023.


Diketahui FDL ini terakhir dilaksanakan pada tahun 2008 dan 2013. Namun dengan infrastruktur yang belum memadai, FDL baru lagi dilaksanakan pada tahun 2023 dan akan menjadi even tahunan.(darman)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409