BLANTERVIO103

Selamat Milad ke-61 Universitas Muhammadiyah Makassar

Selamat Milad ke-61 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jumat, 21 Juni 2024


Oleh : Mursyid Fikri, S. PdI, MH

(Sekretaris Gugus Kendali  (GKM) 

Fakultas Agama Islam

Di usia yang telah menginjak 61 tahun, Universitas Muhammadiyah Makassar telah menunjukkan dedikasi dan prestasi yang luar biasa. Dengan segala pencapaiannya, kampus ini telah membuktikan diri sebagai institusi pendidikan yang berkualitas dan berintegritas tinggi, sebagaimana dibuktikan dengan predikat Unggul dari BAN PT yang baru-baru ini di raihnya.


Sebagai dosen muda Unismuh yang kini tengah menempuh pendidikan Doktor, saya merasa sangat bangga dan bersyukur dapat menjadi bagian dari tim yang berjuang untuk meraih predikat unggul tersebut. Semoga Unismuh terus melangkah maju, menjadi mercusuar pendidikan yang menerangi jalan generasi mendatang dengan cahaya ilmu dan kebijaksanaan serta menjadi pencerah bagi amal usaha yang ada di Indonesia timur khususnya yang ada di Sulawesi selatan.


Setidaknya di usia 61 tahun, Universitas Muhammadiyah Makassar masih tergolong belia jika dibandingkan dengan kampus-kampus ternama dunia. Bayangkan saja, University of Oxford yang didirikan sekitar tahun 1096 kini telah berusia 928 tahun! Namun, usia muda ini bukanlah penghalang, melainkan harapan dan semangat untuk terus melangkah maju.


Dengan peta jalan yang jelas dan visi yang kuat, Unismuh tidak hanya mengejar prestasi di skala nasional, tetapi juga membidik target berskala internasional. Semoga perjalanan ini membawa Unismuh ke puncak kejayaan global, menjadi mercusuar ilmu pengetahuan yang diakui dunia di kemudian hari. Namun tetap memperhatikan tujuan idiologis dalam pendiriannya menjadi ladang pahala yang yang berkemajuan, memajukan dan mencerahkan Ummat.


Oleh karena itu, sebagai dosen muda Unismuh, kami memiliki harapan besar agar slogan ini bukan hanya menjadi kenangan, tetapi juga menjadi semangat kolektif untuk mengambil peran strategis dalam mengokohkan semua aspek yang ada. Termasuk di dalamnya, fungsi dan tanggung jawab pemimpin perlu mengedepankan profesionalitas dan integritas untuk membangun visi bersama.

Setidaknya bagi saya, terdapat 5 pijakan transformasi yang ditawarkan untuk mengokohkan posisi dan kedudukan Unismuh, guna terus melaju menuju predikat kampus terbaik di dunia.


1. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Unismuh harus terus meningkatkan kualitas pengajaran dan kurikulum agar sesuai dengan standar internasional. Dengan mengadopsi praktik pendidikan terbaik dari seluruh dunia dan menyesuaikannya dengan konteks lokal, Unismuh akan menghasilkan lulusan yang kompetitif di pasar global. Hal ini juga akan mendorong seluruh civitas akademika untuk mengimplementasikan standar Outcome-Based Learning yang terukur dan afirmatif, memastikan setiap lulusan memiliki kompetensi yang unggul dan relevan.


2. Pengembangan Riset dan Inovasi berskala Internasional

Memperkuat kegiatan penelitian dengan menyediakan dana yang memadai, fasilitas modern, dan kolaborasi internasional. Membangun pusat riset unggulan yang fokus pada isu-isu global dan lokal akan meningkatkan reputasi akademik Unismuh. Dan turut andil dalam menghasilkan produk riset yang bermanfaat untuk kemajuan daerah. 


3. Kerjasama Internasional

Menguatkan kolaborasi dengan universitas dan institusi riset luar negeri. Melalui program pertukaran mahasiswa dan dosen, serta membangun kerjasama dengan perusahaan dan lembaga internasional untuk menyediakan peluang dan lapangan kerja alumni-alumninya. Tugas dan tanggung jawab universitas sejatinya bukan hanya memberikan pendidikan akademis, tetapi juga memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan lulusan terserap dalam dunia kerja. Dengan demikian, produk lulusan yang dihasilkan dapat memberikan manfaat nyata dan kontribusi signifikan bagi kemajuan bangsa dan negara.


4. Penguatan Manajemen dan Kepemimpinan

Kini sudah saatnya unismuh melakukan kaderisasi kepemimpian yang lebih progresif yang mengedepankan profesionalitas kerja dan integritas pengabdian. Olehnya itu unismuh harus aktif dalam memberikan Pelatihan dan pengembangan bagi para pimpinan kampus baik tingkat prodi, fakultas, lembaga dan Universitas untuk memastikan pengambilan keputusan yang tepat dan berorientasi pada visi jangka panjang Universitas Muhammadiyah Makassar.


5. Pemasaran dan Branding Internasional

Yang terakhir unismuh perlu Meningkatkan upaya pemasaran dan branding dikancah internasional. Mengikuti pameran pendidikan internasional, membangun kehadiran di media sosial, dan mengoptimalkan situs web resmi dalam berbagai bahasa adalah langkah penting untuk menarik minat calon mahasiswa dan mitra internasional. Serta terpenting senantiasa mendorong dosen-dosen muda yang progresif untuk terus mengembangkan kolaborasi internasional.


Saat ini, pada usia 61 tahun, harapan besar kami adalah agar Universitas Muhammadiyah Makassar terus berkembang, memberikan pencerahan, dan tetap mendorong visi kemajuan yang memiliki fondasi transformasi yang jelas. Hal ini diharapkan agar generasi penerus kita, baik anak-anak maupun cucu-cucu, dapat merasakan manfaat dari kontribusi-kontribusi yang kita tinggalkan di masa yang akan datang. 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409