BLANTERVIO103

Basarnas Pasangkayu Berhasil Evakuasi Nelayan Tenggelam di Perairan Pantai Vovasanggayu

Basarnas Pasangkayu Berhasil Evakuasi Nelayan Tenggelam di Perairan Pantai Vovasanggayu
Minggu, 07 Juli 2024

Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Setelah mendapat laporan adanya  kapal tenggelam, Badan Sar Nasional  (Basarnas), Unit siaga SAR Pasangkayu langsung bergerak menuju lokasi untuk mengevakuasi korban. 


Diketahui lokasi kejadian tidak jauh dari kantor Basarnas Pasangkayu, tepatnya di depan pantai Vovasanggayu, Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu, Minggu, 07/07/24. 


Kepala Basarnas  Unit siaga SAR Pasangkayu, Andi Juli Adnam mengatakan, Peristiwa ini terjadi sekira pukul 15.00 WITA. Korban atas nama Putu, Rian, dan Wahyu diketahui berada di dalam kapal yang tenggelam. 


"Kurang dari satu jam, team rescue unit siaga berhasil memberikan pertolongan kepada ketiga orang nelayan tersebut dalam kondisi selamat," Ungkap Andi Juli kepada awak media. 


Menurut Andi Juli Adnam, kesigapan dalam merespons laporan tersebut menjadi faktor utama dalam keberhasilan penyelamatan.  


Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses penyelamatan tersebut. 


Selain itu, Kepala Basarnas Pasangkayu juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, terutama para nelayan, untuk selalu waspada dan memperhatikan kondisi cuaca serta kelengkapan peralatan keselamatan saat akan melaut. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di laut, terutama yang berkaitan dengan pelayanan SAR. 


Pihak Basarnas juga menegaskan pentingnya untuk segera melaporkan kejadian atau situasi darurat  agar pertolongan dapat segera diberikan dengan cepat dan tepat. 


"Diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam hal ini agar penanganan keadaan darurat dapat dilakukan dengan lebih efektif," Harapnya. 


Selain itu, Andi Juli, juga mengimbau kepada semua nelayan untuk mematuhi aturan keselamatan saat berlayar di laut. Keselamatan harus menjadi prioritas utama bagi setiap nelayan agar dapat mencegah terjadinya kecelakaan di laut yang bisa berujung pada kehilangan nyawa. 


Kapal tenggelam di pantai Vovasanggayu menjadi peringatan bagi seluruh masyarakat, terutama para nelayan akan pentingnya keselamatan saat berlayar di laut. 


Setiap kecelakaan di laut dapat berakibat fatal, oleh karena itu kesigapan dan kesadaran akan keselamatan harus senantiasa diutamakan. 


"Semoga kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih waspada dan memperhatikan keselamatan saat beraktivitas di laut," pungkasnya.(*)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409