BLANTERVIO103

Ditangan Ikhwan, Sekolah Baka Jadi Sekolah Berbakat

Ditangan Ikhwan,  Sekolah Baka Jadi Sekolah Berbakat
Rabu, 24 Juli 2019
Kepala UPT SMAN 7 Pinrang Drs Ikhwan Matu, MPd

LENTERAMERAHNEWS, PINRANG-- Keberhasilan salah satu lembaga pendidikan seperti sekolah dalam melakukan sistim pembelajaran kepada siswa tidak terlepas dari kerja keras dan kerjasama antara guru, dan tenaga pendidik serta tangan dingin seorang kepala sekolah.

Bukti keberhasilan sekolah dalam melaksanakan pendidikan dapat dilihat adanya prestasi akademik maupun non akademik yang disandang oleh siswa sekolah yang bersangkutan.

Seperti itulah yang ditorehkan salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Ditangan kepala sekolah, Drs Ikhwan Matu, MPd, UPT SMAN 7 Pinrang maju pesat.

"SMAN 7 Pinrang ini adalah merupakan sekolah penyangga dari SMAN 1 Pinrang," kata Drs Syarkawi Ramli, MSi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi wilayah 10 Sulawesi Selatan.

Syarkawi Ramli mengakui kehebatan dan kecerdasan atas kepemimpinan Ikhwan Matu  yang mau bekerja keras demi kemajuan pendidikan didaerahnya.

Sementara itu, Kepala UPT SMAN 7 Pinrang, Ikhwan Matu saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (24/7) mengatakan, sekolah ini punya sejarah saat berdirinya, karena dulunya dikenal dengan sebutan SMAN Baka (buah sukun, red) karena dilokasi sekolah itu terdapat 7 pohon Baka (sukun).

"Awal berdirinya, sekolah ini dikenal dengan sebutan sekolah Baka (sukun)," ucap Ikhwan yang terangkat PNS 1996 ini.

Namun pelan dan pasti, sebutan SMA Baka berubah total setelah Ikhwan menjadi kepala sekolah, dia mampu mengubah sistim dan situasi dari siswa yang dulunya nakal menjadi berakal. Mengubah yang lambat menjadi bermanfaat serta mengubah ilusi menjadi prestasi.

"Dari SMA Baka melahirkan generasi berbakat," jelas Ikhwan yang memulai penugasan pertamanya sebagai PNS di Walerang Kabupaten Palopo.

Menurut Ikhwan, sekolah ini dulunya dipandang sebelah mata namun kini tersulap menjadi sekolah berbakat. Saat diangkat menjadi kepala sekolah UPT SMAN 7  Pinrang Desember 2017 hingga saat ini perubahan sangat signifikan, bahkan penataan tempat parkirpun sangat tertata dengan rapi.

"Ya, tempat parkir kami tata sedemikian rupa sehingga tempat parkir laki-laki berpisah dengan tempat parkir perempuan," ungkap mantan guru SMAN 1 Pinrang ini.

Selain itu, terlihat ruang tamu khusus yang dibangun sangat baik, teratur dan nyaman serta sejuk.

Prestasi yang diraih siswa SMAN 7 Pinrang juga tak sedikit, selama kepimpinan Ikhwan tercatat siswanya peringkat 2 (dua) umum olimpiade sains tingkat Provinsi  Sulsel tahun 2018. Juara 3 karate dalam festival pelajar tahun 2018.

Tak ketinggalan, juara 1 volly putra dan putri tingkat Kabupaten Pinrang, juara umum Paskibraka tahun 2018 dan mewakili Kabupaten Pinrang tingkat Provinsi Sulsel. Selain itu, atas nama Nur Fadillah juara umum 2 pestival Pramuka yang diadakan oleh Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tahun 2018 dan meraih 3 medali pada olimpiade sains tingkat kabupaten dan peraih nilai UNBK tertinhgi ke 3 sekabupaten Pinrang. (din)


inilah ruang tamu yang dibangun SMAN 7 Pinrang 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409