BLANTERVIO103

Hadiri Germas, Bupati Sigi: Momentum Tingkatkan Derajat Kesehatan

Hadiri Germas, Bupati Sigi: Momentum Tingkatkan Derajat Kesehatan
Rabu, 31 Juli 2019

SIGI LENTERAMERAHNEWS,-  Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata menghadiri kegiatan kampanye Gerak Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bersama Puskesmas Se Kabupaten Sigi yang digelar di Lapangan Sepak Bola Desa Pewunu, Kecamatan Dolo Barat. Rabu (31/7/2019).

Selain Bupati Sigi, kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae, para Kepala OPD kabupaten Sigi, Camat se Kabupaten Sigi, Kapolsek Dolo, Puskesmas se Kabupaten sigi.

Kegiatan ini diawali dengan senam pagi bersama dan penampilan disetiap puskesmas di kabupaten sigi, dilanjutkan makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan.

Dalam sambutannya, Bupati Sigi menyampaikan, pembangunan kesehatan menuju ke arah pembangunan yang bersifat produktif dan preventif tanpa mengesampingkan kuratif dan rehabilitative. Dalam hal ini pula di perlukan upaya pendekatan yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan di bidang kesehatan.

" Saat ini kita sedang mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti Stroke, Jantung, Kanker, serta diabetes yang saat ini menjadi penyebab terbesar kematian dan kecacatan, ini akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat,"ujarnya.

Kampanye gerakan masyarakat hidup sehat Kabupaten Sigi kata Bupati, kali ini merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, akan terwujud apabila seluruh komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, saat ini Pemda Sigi terus melakukan upaya upaya konkrit agar mampu menjawab berbagai tantangan persoalan di bidang kesehatan sistem pelayanan kesehatan.

Selanjutnya, peningkatan kualitas dan mutu pelayanan penguatan sistem rujukan, serta kemudahan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan terus dilakukan, melalui penguatan pelaksana program di lapangan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan, dan pengembangan inovasi bidang
kesehatan yang diharapkan memberikan dampak besar terhadap peningkatan derajat kesehatan serta pencapaian target program bidang kesehatan.

" Pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat ini tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, namun kerjasama, baik lintas program dan lintas sektor akademisi kepala daerah perilaku usaha tokoh agama organisasi masyarakat yang harus memberikan dukungan komitmen dan peran peran dan peran sertanya dalam bergotong-royong meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang,"Sambugnya.

Oleh karena itu mengingat pentingnya upaya promosi kesehatan membantu memecahkan berbagai masalah kesehatan berbasis perilaku maka penyelenggaraan promosi kesehatan baik di pusat maupun di daerah harus dilakukan secara terintegrasi baik lintas program dan lintas sektor serta dukungan dengan peran serta aktif masyarakat termasuk swasta dan usaha dunia usaha.

" Saya memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan maksimal di lapangan serta kepada seluruh pihak yang telah bersinergi mendukung terlaksananya program kesehatan di Kabupaten Sigi. Semoga apa yang telah dan akan kita lakukan demi terwujudnya di Kabupaten Sigi yang lebih maju dapat terwujud akhirnya dengan niat baik kita semua maka kegiatan kampanye Germas masa hidup sehat germas,"tutupnya. (Ardi/lin)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409