BLANTERVIO103

Wujudkan Sigi Sehat Pemkab Bentuk TP dan FKS

Wujudkan Sigi Sehat  Pemkab Bentuk TP dan FKS
Selasa, 06 Agustus 2019

SIGI LENTERAMERAHNEWS, - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menggelar Advokasi penyelenggaraan Kabupaten Sehat dengan pembentukan Tim Pembina (TP) dan Forum Kabupaten Sehat (FKS) tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2019, di Hotel Sentral Palu, Selasa (6/8/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Sigi sehat, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang no 36 Tahun 2019 tentang kesehatan.

"Pengembangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) adalah bagian dari dinamika dan semangat warga, Pemerintah Daerah, serta Lembaga Legislatif. Pemerintah Pusat hanya berperan membina dan memfasilitasi potensial yang ada,"kata Sekretaris Kabupaten (Sekab) Sigi Moh Basir saat mewakili Bupati Sigi Moh Irwan.

Menurutnya, Pendekatan KKS pertama kali dikembangkan di Eropa oleh WHO pada tahun 1980-an sebagai strategi menyongsong "ottawa Charter". Dimana, pencapaian KKS merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, mengembangkan potensi-potensi ekonomi masyarakat dalam membangun potensi maksimal suatu Kota/Desa.

"Kesamaan konsep KKS berasal dari keinginan dan kebutuhan masyarakat, dikelolah oleh masyarakat dan Pemerintah berperan sebagai fasilitator, disamping itu lebih mengutamakan pendekatan proses dari pada target, tidak mempunyai batas waktu dan berkembang secara dinamis sesuai dengan sasaran yang diinginkan masyarakat  yang dicapai secara bertahap,"jelasnya.

Ia berharap, peserta yang hadir agar setelah pembentukkan forum ini betul-betul bersinergi dan bekerjasama karena didalam kegiatan forum ini bukan target hasil yang diutamakan tetapi bagaimana proses untuk menuju Kabupaten Sehat dalam hal ini partisipasi aktif semua stakeholder.

"Peran para Camat bersama Ketua TP PKK Kecamatan sangat strategis. Jika lingkungan sehat, keluarga sehat, maka kita juga akan sehat. Olehnya, hari ini merupakan momentum yang baik bagi kita semua untuk ikut melakukan penguatan serta upaya dalam pengembangan wilayah sehat di Kabupaten Sigi,"harapnya.

Hadir pada kegiatan ini, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten sigi, para Camat, Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Sigi, para Ketua Lintas Profesi Bidang Kesehatan, Organisasi Masyarakat, Keagamaan dan Perempuan.(Ardi/FRY)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409