BLANTERVIO103

Antisipasi Karhutla, Dandim Polmas Ajak Komunitas Trail Patroli Wilayah

Antisipasi Karhutla, Dandim Polmas Ajak Komunitas Trail Patroli Wilayah
Senin, 23 September 2019

POLMAN, LENTERAMERAHNEWS--Antisipasi kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas  ajak komunitas trail AIM Track sasar wilayah Teritorialnya Sabtu-Minggu (21-22/9).

Dandim beserta anggotanya didampingi puluhan motor trail menyusuri 8 kecamatan diantaranya Kecamatan Wonomulyo, Mapilli, Campalagian, Balanipa, Limboro, Alu, Tutar dan Luyo yang ditempuh selama 2 hari perjalanan.

Tidak hanya Komunitas Trail, Patroli tersebut turut diikuti pejabat Pemda Polman, Kapolsek Matangnga, Danramil Tinambung Kapten Inf Syarifuddin serta awak media ini. Sekira Pukul 18.15 Wita rombongan patroli tiba disambut antusias oleh beberapa kepala desa diantaranya kades Puppuring, Kades Alu, kades Mombi dan kades Sayoang di hutan Bambu, dilanjutkan bermalam ditempat tersebut.


Dandim 1402/Polmas, Letkol Arh Hari Purnomo, S.Hub.Int.,M.Han mengatakan bahwa kegiatan patroli ini untuk melihat langsung wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas sekaligus menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.

“Pencegahan kebakaran hutan melalui himbauan dan pemasangan banner merupakan kegiatan awal yang paling penting dalam pengendalian kebakaran dan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan secara terus-menerus,” jelas Lulusan Akademi Militer tahun 2000 itu.

Penyebab Kebakaran Hutan dan lahan di Indonesia kata dia, umumnya (99,9%) disebabkan oleh manusia, baik disengaja maupun akibat kelalaiannya, sedangkan sisanya (0,1%) adalah karena alam.

Bencana kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan serius yang harus dicegah bersama-sama, Kebakaran hutan di Indonesia pada saat ini dapat dipandang sebagai peristiwa nasional.

“Hal ini disebabkan karena dampak dari kebakaran hutan sudah menjalar ke negara-negara tetangga,” tandasnya. (a. tomi)


Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409