BLANTERVIO103

Festival Wisata Pantai Koa-Koa, Agus Ambo Djiwa : Perlu Dilestarikan

Festival Wisata Pantai Koa-Koa, Agus Ambo Djiwa : Perlu Dilestarikan
Sabtu, 26 Oktober 2019
Kades Polewali Kasri MH Ali (kiri), Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa ( tengah) di area lomba gerobak sapi

PASANGKAYU, LENTERAMERAHNEWS-- Pemkab Pasangkayu melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan menggelar event tahunan festival di wisata Pantai Koa-koa Kayumaloa Desa Polewali Kecamatan Bambalamotu yang berlangsung mulai hari ini tanggal 26-27 oktober 2019. Dengan tema " festival Kayumaloa warisan budaya lokal oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasangkayu" .

Festival tahun ini berdiri dari beberapa lomba yaitu Lomba gerobak sapi yang diikuti 26 pasang gerobak sapi, lomba gerobak hias 6 pasang, dan lomba perahu katinting sebanyak 20 pasang untuk Memperebutkan piala senilai 32.000.000 ( tiga puluh dua jutah rupiah).

Dibuka oleh Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, dihadiri wabup H.M.Saal, wakil ketua DPRD H Yaumil Adj dan Arwi dan beberapa anggota, sekda, wakapolres, pihak kodim 1427/ Psky, Para pimpinan OPD, kepala Kementerian agama H Mustafa, Camat Bambalamotu, Kepala Desa dan anggota BPD Polewali. Pihak Polres dan Koramil Bambalamotu Dan ratusan warga yang begitu antusias menyaksikan kegiatan ini.

Kegiatan lomba gerobak sapi

Dalam sambutannya, Bupati Agus Amni Djiwa mengatakan, festival wisata pantai koa-koa ini sudah menjadi wisata bahari event tahunan Pemkab Pasangkayu. Maka dari itu Wisata harus di rawat, dibersihkan, dan dilestarikan. Bupati dua periode ini juga meminta kepada warga setempat harus murah senyum agar pengunjung merasa nyaman dan enak berkunjung di wisata koa-koa. kita harus membuka diri, membuka ruang agar daerah ini menjadi tempat kunjungan wisata yang populer.

" ini sudah menjadi daerah tujuan wisata, tidak boleh kotor. Biar pengunjung nyaman dan merasa senang " tegasnya.

Di tempat yang sama Kadis pariwisata dan kebudayaan Kab.Pasangkayu Dasteri, S.Pd.M.Si menuturkan untuk tahun depan akan ditambah lagi perlombaan antara lain lomba perahu dayun dan gerobak hias. lomba gerobak hias saat ini hanyalah lomba tambahan saja. Yang masuk dalam anggaran kegiatan hanya lomba gerobak sapi dan lomba perahu katinting. " kita akan maksimalkan lagi festifal tahun depan disini. Selain jadi agenda tahunan pemkab , festifal ini juga bagian dari promosi wisata Daerah." Tutur Pria yang baru menjabat kadis pariwisata ini.

Pembukaan festival di mulai perlombaan gerobak sapi dan lomba katinting dan Kegiatan ini ikut disponsori oleh BNI, BRI dan OPPO. (Ags)

Tarian Nawa jiwa pasangkayu sebelum di mulai perlombaan

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409