BLANTERVIO103

Ini Tujuan Kunjungan Wakil Menteri PUPR ke Sigi

Ini Tujuan Kunjungan Wakil Menteri PUPR ke Sigi
Senin, 25 November 2019

SIGI,-LMNews-- Wakil Menteri (Wamen) PUPR, Jhon Wempi Wetipo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin, 25 Novemeber 2019.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana 28 September 2018 silam.

Dikesempatan ini, Jhon Wempi Wetipo, meninjau ruas jalan Mpanau-Sidera, kemudian bergeser ke lokasi bendungan irigasi Gumbasa di Desa Pandere dan lokasi banjir di Desa Bangga, Dolo Selatan.

Terkait rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi Gumbasa, rencananya akan dilakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama sesuai rencana akan selesai pada Desember 2019 dengan areal potensial lahan pertanian yang bisa diairi seluas 1.070 hektar.

Sementara tahap dua akan dilakukan di 2020-2021 dan perampungan di 2022, dan diharapkan akan dapat mengairi 7.110 hektar yang tersisa dari total luas potensial yaitu 8.180 hektar.


"Rekonstruksi irigasi Gumbasa sepanjang 30 Km ini suda harus selesai dan mengairi lahan persawahan masyarakat pada 2022," tegas Wamen, Jhon Wempi Wetipo, disela kunjungannya itu.

Pada kesempatan tersebut, Wamen bersama Bupati Sigi juga melakukan penanaman pohon di lokasi irigasi dan melakukan uji coba pintu saluran air irigasi yang mampu mengeluarkan sekitar 12 meter kubik air atau 12.000 liter per detik.

Sementara itu perbaikan sungai dan pengendali sedimen di Bangga rencana pelaksanaan konstruksi akan dilakukan pada 2020.

Selain rekonstruksi irigasi dan sungai, beberapa ruas jalan rusak yang akan dikerjakan melalui pembiayaan APBN, di antaranya yaitu ruas jalan Mpanau-Sidera, Palupi-Bangga-Simoro, Likuefaksi Sibalaya.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah, Kasatgas PUPR, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III, Kapolres Sigi.

Hadir juga, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesramas Setda Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Plt.Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sigi, Camat Gumbasa.(Ardi/humas)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409