BLANTERVIO103

Fantastis, SMAN 11 Pinrang Raih Predikat Akreditasi A

Fantastis, SMAN 11 Pinrang Raih Predikat Akreditasi A
Kamis, 12 Desember 2019


Drs H. Ridwan Ali, MPd (Kepala UPT SMAN11 Pinrang) 


PINRANG, LENTERAMERAHNEWS--Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sulawesi Selatan akhirnya menetapkan predikat Akreditasi A kepada UPT SMAN 11 Pinrang. Hal itu merupakan pencapaian tertinggi bidang pendidikan dari BAN provinsi.

Kepala UPT SMAN 11 Pinrang, Drs HM Ridwan Ali MPd, ketika ditemui diruang kerjanya membenarkan terkait prestasi yang diraih sekolah yang dipimpinnya  mendapat predikat Akreditasi A dengan nilai 97.

"Berdasarkan hasil dari BAN tahun 2019 ini, diantara kurang lebih 900 sekolah SMA dan SMK se Sulsel, SMAN 11 unggulan Pinrang mendapat nilai tertinggi 97," ungkap Ridwan Ali.

Predikat Akreditasi A kata Ridwan Ali diberikan dengan kriteria penilaian 8 poin yakni
1.Standar isi.
2.Standar proses
3.Standar kelulusan
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
5.Standar sarana dan prasarana
6. Standar Pengelolaan
7.Standar pembiayaan 
8.Standar penilaian.

Baharuddin Iskandar, SPd.,MPd


Menurut Ridwan, semua standar itu masing-masing bernilai 97. Artinya, sekolah ini mampu mempertahankan nilai yang direbut pada tahun 2014 yang lalu.

"Sebenarnya, meraih prestasi itu memang susah, tapi lebih susah lagi untuk mempertahankan sebuah prestasi," kata mantan Kasek SMAN 1 Pinrang ini.

Dia akui, sebenarnya tidak pernah mengungkapkan keberhasilan sekolah ini, namun karena wartawan sendiri yang mendapatkan informasinya, mau tak mau dirinya harus memberikan data valid sesuai pertanyaan rekan media.

"Nanti kita dinilai sombong dan riya, sebab saya bekerja demi tugas dan ibadah. Kalau ada yang lebih baik dari saya silahkan. Saya ikhlas melepaskan jabatan demi kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten Pinrang," beber Ridwan merendah.

Selain akreditasi A katanya, sekolah ini juga menyabet juara 1 lomba portopolio pendidikan karakter tahun 2019 se Sulsel. Bahkan, sekolah ini juara 1 dengan nilai tertinggi berturut-turut selama 3 tahun dalam ujian nasional se Kabupaten Pinrang.



"Sekolah ini juga dijadikan sebagai sekolah untuk study tiru dari sekolah asal Toraja," jelasnya.

Kenapa study tiru,bukan lagi studi banding sebab studi banding hanya membandingkan, sedang study tiru harus meniru yang baik.

Ditempat terpisah, Baharuddin Iskandar, S.Pd, M.Pd, Kepala Cabang Dinas Wilayah X Provinsi Sulsel mengatakan, hasil yang dicapai SMAN 11 Pinrang menunjukkan bahwa Pinrang punya potensi untuk menjadi yang terbaik di Sulsel. Sisa bagaimana potensi tersebut digerakkan secara optimal.

" Akreditasi adalah cermin standar dari delapan standar yang dinilai oleh asesor BAN Sulawesi Selatan. Dengan predikat tersebut menjadi nilai bagi masyarakat calon peserta didik, dan nilai bagi perguruan tinggi untuk penyerapan input dan output dari pendidikan yang akan dan telah dilaksanakan," akunya Baharuddin Iskandar.



Tentu akreditasi tersebut kata dia, menjadi catatan penting bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anaknya, atau bagi perguruan tinggi menjadi satu cara untuk menjaring lulusan SMA Negeri 11 Pinrang.

"Dari akreditasi yang dilakukan BAN Sulawesi Selatan tahun 2019, terdapat 664 satuan pendidikan dan 35 SMK yang diasisi, dan nilai tertinggi yakni 97 berhasil dicapai oleh SMA 11 Pinrang, dan SMK TI Makassar," kuncinya. (alimuddin)


Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409