BLANTERVIO103

Luar Biasa, Siswi SMAN 7 Pinrang Temukan Obat Anti Kanker

Luar Biasa, Siswi SMAN 7 Pinrang Temukan Obat Anti Kanker
Rabu, 01 Januari 2020

siswi SMAN 7 Pinrang saat presentasikan hasil karyanya

PINRANG, LENTERAMERAHNEWS--Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Pinrang dipenghujung tahun 2019 menggelar lomba. Lomba kreasi inovatif ini dibagi dua kategori yang diikuti ratusan peserta dari siswa SMA sederajat. Selain tingkat pelajar, lomba ini juga diikuti oleh tingkat masyarakat umum.

Dari hasil lomba kreasi inovatif yang diselenggarakan di Kantor Bappeda Pinrang dengan juri dari Balitbang Provinsi Sulsel ini, peserta dari SMAN 7 Pinrang dinyatakan keluar sebagai pemenang lomba. Siswa SMAN 7 Pinrang juara l lomba kreasi inovatif dengan karya pengembangan minuman teh herbal daun sirih merah "REDOTA" sebagai agen Inhibator pertumbuhan sel kanker.

Kepala UPT SMAN 7 Pinrang, Drs Ikhwan Matu, MPd yang dihubungi mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh siswanya. Menurut Ikhwan, siswanya dapat mengungguli ratusan peserta dari sekolah lainnya yang juga mempresentasikan karya yang cukup bagus.


"Alhamdulillah, lomba ini berhasil dimenangkan siswanya, meskipun banyak peserta dari sekolah lain yang juga memiliki karya yang cukup hebat. Tetapi tim juri dari Balitbang Sulsel memutuskan siswanya sebagai jawara, " urai Ikhwan Matu.

Ikhwan mengatakan, tiap sekolah mengikutkan tim, yang pesertanya ada 3  orang bahkan ada yang lebih. Sebab setiap peserta dalam satu sekolah tidak dibatasi, meskipun setiap tim terdiri dari 3 orang bahkan ada yang lebih.

"Ternyata siswi SMAN 7 meraih juara satu atas nama Naila Putri Gasali dan Andi Munawara. Dengan judul kreasi inovatif pengembangan minuman teh herbal daun sirih merah "kedota" sebagai agen inhibitor pertumbuhan sel kanker. Inintak. lepas dari bimbingan guru pembimbing, Sitti Nuraeni dan Bunga Gautani" imbuhnya.

Kepala UPT SMAN 7 Pinrang, Drs Ikhwan Matu, MPd

Sementara itu, guru pembimbing, Sitti Nuraeni dan Bunga Gautani mengatakan, keberhasilan yang diraih siswinya tidak terlepas dari ketekunan siswa dan kerja sama semua pihak dan guru-guru, terutama   bimbingan dan arahan bapak Kepala UPT Drs Ikhwan Matu, MPd.

"Kami dari SMAN 7 Pinrang mengirim 2 tim yakni redota dan aquaponik tetapi hanya redota minuman herbal pengobat anti kanker dari daun sirih merah yang keluar sebagai pemenang, " kuncinya.

Atas prestasi ini, siswi SMAN 7 Pinrang mendapatkan sertifikat penghargaan serta uang pembinaan senilai Rp4 juta dari Pemerintah Kabupaten Pinrang.  (alimuddin)



Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409