BLANTERVIO103

Warga Desa Sei Limau Bakal Nikmati Listrik PLN

Warga Desa Sei Limau Bakal Nikmati Listrik PLN
Kamis, 23 Januari 2020


NUNUKAN, LENTERAMERAHNEWS-- Atas permintaan masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan jaringan listrik diwilayahnya, yang selama ini belum dialiri listrik, maka anggota DPRD Nunukan, Kaltara, Andre Pratama, memfasilitasi keinginan masyarakat tersebut dengan pihak PLN.

"Masyarakat disana, jauh hari sebelum saya menjadi anggota DPRD Nunukan sudah meminta dan berharap ada jaringan listrik PLN masuk kewilayah mereka," jelas Andre, anggota Komisi I, DPRD Nunukan ini.

Dia mengatakan, atas permintaan itu, secara swadaya kami bangun jalan sebagai persyaratan untuk kelengkapan infrastruktur agar bisa dibangun jaringan listrik. Setelah infrastruktur jalan itu selesai dan sudah layak untuk dilewati crane, maka pihaknya mengusulkan ke PT PLN.

"Hasilnya, setelah PT PLN turun untuk melakukan survey, maka infrastruktur jalan dinyatakan sudah layak untuk dipasangi jaringan listrik," urainya.


Pihak PT PLN meminta agar kami melengkapi permohonan tersebut dengan pernyataan yang ditanda tangani oleh masyarakat dan diketahui kepala desa, tentang kesediaan masyarakat serta tidak keberatan tanahnya ditempati pemasangan tiang listrik serta bersedia pohon miliknya ditebang demi kelancaran pemasangan kabel jaringan.

"Itu sudah dilengkapi dan diserahkan kepada PLN. PT PLN akan mengupayakan pembangunan Jaringan Baru di Kamp Tebol, Desa Sei Limau, Kecamatan Sebatik Tengah pada tahun 2020 dengan jalan pengusulan Rebudgeting Belanja PT PLN Cabang Berau Tahun 2020," ucap Andre, politikus Partai Bulan Bintang ini.

Pertemuan yang dilakukan antara Bapak Andre dan Tim PT PLN Cabang Berau Pak Putra (Manager Jaringan PLN Berau, Pak Bibit (Supervisor Perencanaan PLN Berau serta Pak Rahmat (Kepala PLN Nunukan), Kamis (23/01/2020).

Andre mengatakan, penjelasan dari Manager Jaringan, Pak Putra terkait dengan Infrastuktur Sutet di Kaltara diproyeksikan akan Rampung Pada Akhir Tahun 2020 ini dan ini sangat menentukan untuk ketersediaan listrik di wilayah Lumbis, Lumbis Ogong, Sembakung, Sembakung Atulai, Tulin Onsoi, Sebuku serta Seimanggaris.

"PLMG Mansapa 10 MW diperkirakan beropeasi pada Awal Tahun 2021 dan PLMG Seimanggaris akan mulai pekerjaan fisiknya pada Awal tahun 2020 ini," Ketua DPC Partai Bulan Bintang Kabupaten Nunukan ini.

Menurutnya, kebutuhan Daya listrik di Kabupaten Nunukan sekitar 12 MW dengan daya suplly sekarang 13.5 MW artinya dengan ada beroperasi nya PLMTG Mansapa maka Listrik di Kab Nunukan Akan Surplus.

" Hasil paparan kami, sebuah kesimpulan bahwa infrastruktur Jalan dan Infrastuktur Listrik itu adalah hal yang sejalan dan erat kaitannya, artinya dikala jalan ke areal sebuah pemukiman itu bagus dan layak untuk dimasukki mobil crane maka seyogyanya juga Listrik dan Tiang Beton bisa di pasang menuju pemukiman masyarakat tersebut," kunci Andre. (andi wati) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409