BLANTERVIO103

Ditengah Merebaknya COVID- 19, IKA 88 SMPN 1 Rappang Mendatangi RS Arifin Nu’mang

Ditengah Merebaknya COVID- 19, IKA 88 SMPN 1 Rappang Mendatangi RS Arifin Nu’mang
Rabu, 08 April 2020


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS-- Pendidikan merupakan usaha yang dilandasi kesadaran dan terencana untuk menciptakan proses pembelajaran dan suasana belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Guru dan bangunan sekolah dalam konteks ini merupakan faktor pendukung untuk membentuk manusia paripurna yang akan hadir menjadi pembaharu, panutan, trigger di tengah masyarakat. Dalam kerangka regulasi, pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan manusia Indonesia bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa yang diantaranya dicirikan dengan memiliki rasa tanggung jawab untuk berbangsa dan bermasyarakat. Badan Pendidikan dunia, UNESCO, menekankan tujuan pendidikan sebagai proses belajar untuk mengetahui sesuatu, belajar untuk melakukan sesuatu, belajar untuk menjadi sesuatu, dan belajar untuk hidup bersama-sama.

Ini adalah empat pilar pendidikan yang menggabungkan tujuan SQ, EQ, dan IQ. Untuk itu, salah satu ukuran keberhasilan pendidikan dapat dinilai dari sejauhmana peran serta masyarakat yang tadinya telah mendapatkan layanan pendidikan di bangku sekolah ataupun bentuk lainnya memiliki kepekaan (empati) individual dan kepekaan sosial terhadap sesama atau lingkungan.

Dalam kaitan dengan itu, sebagai salah satu bentuk empati dan perwujudan tujuan pendidikan yang dirumuskan pemerintah dan UNESCO, Rabu Tanggal 08 April 2020, Ikatan Alumni Angkatan 88 SMP Negeri 1 Rappang menggelar kegiatan yang dikemas dalam bentuk  Aksi Alumni Angkatan 88 SMP Negeri 1 Rappang Peduli yang disingkat dengan SIAP bersama cegah COVID 19. Kegiatan dalam bentuk pengadaan dan distribusi APD, suplemen kesehatan (Vitamin), dan beberapa kebutuhan medis lainnya berlangsung di Rumah Sakit Arifin Nu’mang Rappang.

Hadir pada kegiatan tersebut adalah Direktur Rumah Sakit Arifin Nu’mang, Dr. Budi Santosa, Tim COVID 19 Rumah Sakit antara lain Muliati, S.Kep.,Ns, Rahmawati S.Kep., Ns. Alumni  dihadiri oleh Ketua Ikatan Alumni 88, H. Pathuddin, beberapa anggota diantaranya Muhammad Nur, Juwita Zain, Amrah Zainuddin, dan Hj. Lina.

Budi Santosa menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang tinggi kepada pengurus dan anggota IKA 88 SMP Negeri 1 Rappang atas perhatiannya kepada masyarakat khususnya Rumah Sakit Arifin Nu’mang Rappang. Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa kepedulian ini tidak saja membantu meringankan beban yang sedang dihadapi bersama tetapi juga menjadi suplemen semangat bagi pada tenaga medis khususnya tim dalam menjalankan tugas meskipun cukup berisiko.

Sementara itu, H. Pathuddin mewakili IKA 88 SMP Negeri 1 Rappang menyampaikan bahwa apa yang disumbangkan kepada Rumah Sakit Arifin Nu’mang Rappang merupakan hasil partisipasi dari teman-teman Alumni yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Oleh karena itu, atas nama pengurus ketua IKA juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya bahwa ditengah situasi seperti ini masih saja mau meluangkan waktu dan berbagi materi kepada sesama. Sesungguhnya partisipasi tersebut tentu belum bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pencegahan COVID 19 disamping karena memang masalahnya besar tetapi juga sebagai bentuk kepedulian yang senantiasa dibangun oleh teman-teman alumni yang menyadari bahwa sebagai warga masyarakat harus bisa mengambil peran terhadap permasalahan dan tidak menunggu diberikan peran.

Sementara itu, Mursalim Nohong, Sekretaris IKA 88 SMP Negeri Rappang yang dihubungi terpisah melalui wawancara telepon menyambut baik atensi yang diberikan oleh teman-teman. Meskipun harus physical distancing tetapi teman-teman dengan semangat dan kepedulian terhadap sesama bergerak cepat dan nyata sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Intinya adalah kebersamaan, kepedulian dan komuniasi. Sekedar disampaikan bahwa kegiatan kepedulian IKA 88 SMP Negeri Rappang seperti ini juga telah dilaksanakan sebelumnya dengan lingkup sekolah. Tentu kedepannya, lanjut beliau, kegiatan kepedulian IKA 88 SMP Negeri Rappang akan tetap menjadi concern dan lebih luas lagi sebagai wujud nyata keberadaan organisasi yang terbentuk beberapa tahun yang lalu ini.

Jajaran pengurus IKA 88 SMPN 1 Rappang berharap agar Pemerintah Kabupaten Sidrap lebih tegas dan tepat dalam mengambil keputusan untuk menghindari meluasnya wilayah penyebaran COVID 19 mengingat Sidrap menjadi salah satu daerah yang cukup tinggi angka terdampaknya. Kepada masyarakat agar mau mendengar dan patuh terhadap ketentuan pemerintah karena tindakan yang ditempuh pemerintah bertujuan untuk kemaslahatan bersama. (*) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409