BLANTERVIO103

Bagikan ke Sekolah, Dinas PKHP Soppeng Luncurkan Program Komsumsi Ikan dan Telur

Bagikan ke Sekolah, Dinas PKHP Soppeng Luncurkan Program Komsumsi Ikan dan Telur
Rabu, 25 November 2020

Ket. Foto : Foto kepala dinas PKHP Soppeng Ir Erman Asnawi pada saat menyerahkan paket secara simbolis kepada UPTD dinas pendidikan kecamatan Lalabata untuk di bagikan kepada siswa SD dan SMP

Soppeng, lenteramerahnews.co.id-- Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) Kabupaten Soppeng luncurkan program  konsumsi ikan dan telur pada anak sekolah.


Konsumsi ikan dan telur sangat penting untuk pertumbuhan dan pemenuhan gizi serta yang utama adalah dapat meningkatkan imun pada tubuh apabila dikonsumsi secara berkala. Olehnya itu Dinas PKHP berinisiatif menyiapkan 4000 paket yang dibiayai APBDP Kabupaten TA 2020 yang masing-masing berisikan satu butir telur, air minum mineral dan 3 ekor ikan (baby fish) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  yang disalurkan pada 8 UPTD untuk kemudian diteruskan pada 3000 murid SD dan 1000 SLTP yang berdomisili di sekitar sekolah-sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


Kadis Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Soppeng menjelaskan, sesuai pengamatan kami, tingkat konsumsi ikan terutama pada anak-anak relatif rendah, sementara itu pembesaran ikan di persawahan terhambat ketersediaan air sehingga solusinya adalah menyiapkan ikan muda yang dipanen diusia satu bulan untuk dikonsumsi anak-anak. 


"Ikan muda yang diolah sedemikian rupa (tulangnya ikut termakan dan krispi) ternyata sangat digemari dan bahkan dijadikan cemilan," ungkapnya, Selasa 24 November 2020 kepada media ini 


Untuk diketahui, tanggal 24 November 2020 penyaluran di Kec. Lalabata, Ganra, Donri - Donri dan Marioriawa dengan total 2000 paket, selanjutnya tanggal 26 November 2020 untuk Kec. Lilirilau, Marioriwawo, Citta dan Liliriaja dengan total 2000 sehingga se Kab. Soppeng totalnya 4000 paket.


"Selanjutnya diharapkan pasar ikan muda terbuka lebar sehingga masyarakat termotivasi untuk mengembangkannya di berbagai tempat dan Dinas PKHP dapat menyiapkan benih ikan secara gratis," tutup Erman Asnawi. 

(AC)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409