BLANTERVIO103

Kaswadi - Lutfi Disambut Prosesi Adat Tradisional Tari Pakkuru Sumange

Kaswadi - Lutfi Disambut Prosesi Adat Tradisional Tari Pakkuru Sumange
Sabtu, 27 Februari 2021

 


Soppeng, lenteramerahnews-- Usai dilantik menjadi Bupati /Wakil Bupati Soppeng oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah di Rujab Gubernur, Jumat 26/2/2021 kemarin.


Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng  disambut dengan prosesi penyambutan secara adat yang dimulai dengan Tari Pakkuru Sumange', Madduppa Lellu, Mangampo Benno, Mappaccokko Ri Baruga dan Mappangolo Lakka dan Bosara.


Tari Mappakkuru Sumange sendiri merupakan sebuah tarian yang dibawakan oleh gadis gadis pilihan nan cantik sebagai sebuah simbol untuk memulihkan semangat.


Setelah Tari Mappakkuru Sumange' kemudian dilanjutkan dengan Madduppa Lellu atau semacam dipayungi dengan sebuah tenda kebesaran yang bertangkai yang masing masing tangkainya dipegang oleh laki laki remaja.


Selanjutnya, Mangampo Benno merupakan sebuah prosesi menghamburkan beras ketubuh HA Kaswadi Razak -Lutfi Halide sebagai simbol kegembiraan masyarakat terhadap kedatangan pemimpinnya.


Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi Mappaccokko Ri Baruga atau mentasbihkan untuk menaiki Baruga (Rumah Jabatan) sebagai pertanda bahwa rumah jabatan ini sudah bisa didiami secara resmi.


Prosesi secara adat ini di tutup dengan acara Mappangolo Lakka dan Bosara, atau menghadapkan usungan yang berisi berbagai makanan sebagai jamuan kepada pemimpin.


Makna dari acara ini adalah adanya kepercayaan dari masyarakat Bugis kalau sudah mencicipi makanan dan minuman orang lain, tidak ada lagi niat buruk untuk saling mencelakai, acara ini merupakan simbol rekonsiliasi dan saling memaafkan dan Penyambutan secara adat  berlangsung secara meriah dan di saksikan oleh  masyarakat kabupaten Soppeng dengan penuh rasa gembira di rumah jabatan Bupati secara adat istiadat budaya Bugis.

( AC)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409