BLANTERVIO103

Pantauan Pasar Jelang Ramadhan, Bahan Pokok Tersedia, Harga Relatif Stabil

Pantauan Pasar Jelang Ramadhan, Bahan Pokok Tersedia, Harga Relatif Stabil
Senin, 12 April 2021


Sidrap, lenteramerahnews.co.id

Sehari sebelum masuknya Ramadan 1442 Hijriah, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando bersama unsur forkopimda dan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Sidrap, turun memantau harga kebutuhan pokok, Senin (12/4/2021).


Pemantauan untuk memonitor harga serta ketersediaan kebutuhan pokok dan bahan penting lainnya di Kabupaten Sidrap, jelang bulan suci.


Dollah Mando ketika melakukan pemantauan, terlihat mewawancarai dan berdialog para pedagang pasar.


"Kami menanyakan apakah ada perbedaan harga yang signifikan terjadi, begitu pun ketersediaan barang," ujarnya saat memantau di Pasar Pangkajene, Kecamatan Maritengngae.


Dollah mengatakan, dari pemantauan itu dapat dilakukan antisipasi jika terjadi kenaikan harga atau kelangkaan stok tertentu.

Di sela kunjungannya, Dollah Mando juga mengingatkan para pengunjung pasar untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. 


Selain di Pasar Pangkajene, di hari yang sama, juga dilakukan pemantauan di Pasar Tanru Tedong Kecamatan Dua Pitue. 


Informasi yang diperoleh dari Kabid Pengembangan Perdagangan Disdagrin Sidrap, H. Arnol Baramuli menyebutkan, secara umum tingkat ketersediaan bahan pokok dan harga kebutuhan pokok masih relatif stabil.


Dijelaskannya, hasil pemantauan di dua pasar menunjukkan adanya beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga, ada pula yang masih tetap seperti hari pasar sebelumnya


"Yang masih tinggi itu cabe rawit harganya berkisar Rp50.000-Rp70.000 per kilo. Harga bawang merah dan bawang putih masih tetap di harga Rp25.0000-Rp30.000 per kilo di tingkat pengecer," bebernya.


"Adapun kenaikan harga kebutuhan pokok lain hari ini dipengaruhi oleh karena lonjakan pembeli dalam rangka memasuki bulan puasa besok," imbuhnya.


Arnol juga menyatakan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sidrap akan memantau terus perkembangan harga selama bulan Ramadan.


"Jika nantinya ada salah satu bahan pokok yg mengalami kelangkaan maka diambil langkah cepat untuk mengatasinya bersama dengan leading sector atau SKPD terkait," pungkasnya.


Tampak hadir dalam pemantauan tesebut, Wakil Ketua DPRD Sidrap, Kasman, Wakapolres Sidrap, Kompol Ishak Ifa, Kasi Intel Kejari Sidrap, Muhammad Iqbal, Staf Ahli Bupati, Patahangi Nurdin, Kabag Perekonomian Sidrap, Sudarmin, serta OPD terkait.


Turut hadir Kapolsek Maritengngae, Iptu Abdul Samad, Camat Maritengngae, Mustari Kadir, Camat Dua Pitue, Andi Sammang, dan Kapolsek Dua Pitue.

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409