BLANTERVIO103

Pandemi Covid-19 Ciptakan Ruang Dagang dan Jual Beli Online

Pandemi Covid-19 Ciptakan Ruang Dagang dan Jual Beli Online
Jumat, 14 Mei 2021

 


Lombok Timur, Lenteramerahnews.co.id

Wilayah Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB) dikenal sebagai daerah agraris yang masih banyak membutuhkan lahan untuk berjualan di pinggir jalan, Sebab kebanyakan masih berada di wilayah perdesaan. 


Bahkan, sejak adanya pandemi covid – 19, sampai saat ini banyak ibu rumah tangga bingung bagaimana cara mendapatkan tambahan penghasilkan. Sebut saja IRT Sri Supeni (22 tahun) yang sehari-harinya mengabdi honorer guru TK yang penghasilannya kurang stabil, dikarenanakan tidak setiap hari masuk untuk mengajar sehingga dirinya pun memutuskan mencari penghasilan tambahan menjadi pedagang online.


‘’ Di tengah covid-19, saya sempat mengalami masalah soal gaji dari pihak sekolah. Namun seiring berjalannya waktu, kerja sampingan di Desa Pengadangan ini bisa dikatakan sudah normal dan stabil, meski pendapatan yang belum belum memadai ‘’ tutur Sri Supeni yang diwawancarai Lena Ayu Hefiani, Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogjakarta. Kamis, 8 April 2021 


Lena ayu katakan, penjual online di Desa Pengadangan sangat berharap wabah covid-19 segera berakhir. Sebab, sebelum adanya covid-19 ini, Orderan yang masuk bisa dikatakan banyak dan setiap harinya ada saja yang memesan dan harga pun bisa sangat stabil.


Mayoritas warga Desa Pengadangan sumber pendapatan ekonominya dari sektor perdagangan, ini dilihat hampir semua ibu rumah tangga di Desa ini bergerak dagang online. Mengingat saat ini hampir semua menjadi serba online seperti pesan makanan, minuman, pakaian bahkan sayur mayur serta kebutuhan pokok lainnya. 


Dengan adanya penjual dan pedagang online ini, masyarakat Desa Pengadangan tidak terlalu sulit dan susah mendapatkan kebutuhan seperti sayuran yang masih segar bahkan tersedia di pasar-pasar, karena sudah bisa memesan secara online melalui HP android apapun yang kita mau dan butuhkan.


Penulis Artikel : Lena Ayu Hefiani, Ign Soni Kurniawan, S.E.,M.Sc. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogjakarta

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409