BLANTERVIO103

Diskominfopers Pasangkayu Edukasi Informasi Warga Suku Da'a Pakawa

Diskominfopers Pasangkayu Edukasi Informasi Warga Suku Da'a Pakawa
Senin, 14 Juni 2021

 


Pasangkayu, Lenteramerahnews.co.id

Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfopers) Kab. Pasangkayu, Sulawesi Barat kembali edukasi Informasi Kebijakan Pembangunan Daerah dan Pelayanan Publik di Wilayah Terluar.


Kegiatan program 'ke Desa Ki' yang ketiga kalinya menyasar wilayah perbatasan Kabupaten Pasangkayu dengan Kabupaten Donggala, Sulteng, tepatnya di Dusun Uesuba, Desa Pakava Kecamatan Pasangkayu, Minggu, 12/06.


Menurut ketua Tim kegiatan yang juga Kepala seksi Komunikasi Sosial Bidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi Diskominfo Pers Indah Isnada bahwa program ini sangat penting dilakukan dengan sasaran masyarakat yang tinggal di pelosok yang notabene belum bisa mengakses serta menyaring dengan baik berita dan informasi melalui jejaring sosial maupun informasi yang diterima secara langsung.


"Sekitar 30 persen wilayah kita di Kabupaten Pasangkayu belum tersentuh oleh jaringan internet, sehingga kegiatan pembangunan yang dibiayai oleh Pemerintah tidak tersampaikan ke masyarakat terluar seperti di Uesuba ini," terang Indah Isnada. 

Selain memberikan informasi kepada masyarakat, Diskominfopers juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang mayoritas adalah suku terasing atau Suku Da'a dalam menerima informasi agar tidak cepat mempercayainya sebelum membuktikan kebenarannya dengan cara menanyakan langsung kepada Pemerintah setempat atau Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas di Desanya.


"Kami menerima masukan dari warga terkait kebutuhan mereka baik itu jalan, jembatan serta kebutuhan lainnya kemudian akan kami laporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati. Semoga bisa dicover secepat mungkin. Dengan kegiatan ini, kami berharap tidak ada lagi kesenjangan antara masyarakat pelosok dengan kita yang tinggal dekat dengan kota," kata Naila. 


Kegiatan program 'Ke Desa Ki" kali ini menghadirkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Keliling, DPRD Pasangkayu, dan Puskesmas Pasangkayu untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Suku Da'a yang disambut dengan tarian Motaro.


Sementara ketua Komisi II DPRD Pasangkayu Muslihat Kamaluddin mengapresiasi program 'Ke Desa Ki' yang di programkan Kadis Kominfopers lewat proyek perubahannya dengan melibatkan dirinya sebagai wakil rakyat.


"Akhirnya saya sampai juga ke Dusun Uesuba ini dan bertatap muka langsung dengan mereka. Selama ini saya hanya mendengar cerita tentang kondisi mereka serta akses transportasinya. Insyaallah dalam waktu dekat saya akan kembali disini, untuk menyerap aspirasi mereka," pungkas Muslihat Kamaluddin. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409