BLANTERVIO103

Soal Ranperda Pelaksanaan APBD Tahun 2020, Ini Pandangan Fraksi di DPRD Pasangkayu

Soal Ranperda Pelaksanaan APBD Tahun 2020, Ini Pandangan Fraksi di DPRD Pasangkayu
Jumat, 11 Juni 2021

 


Pasangkayu, Lenteramerahnews.co.id

DPRD Kabupaten Pasangkayu menggelar Rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanga daerah (APBD) Kabupaten Pasangkayu tahun anggaran 2020


Rapat paripurna dipimpin Wakil ketua I DPRD Irfandi Yaumil, dihadiri Wabup Pasangkayu Herny Agus, Wakil Ketua DPRD Arwi, Sekab Firman, Dandim 1427/Psky Letkol Inf.Novialdy, SE, Kapolres Akbp Leo H.Siagian, Kajari, Kemenag, para pimpinan OPD dan instansi vertikal lainnya.


Diberikan kesempatan pertama, Fraksi Nurani membangun yang dibacakan Andi Muh. Yusuf pada dasarnya mengapresiasi capaian Pemerintah daerah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu, peningkatan kinerja pelayanan publik, Pemda juga diminta agar berhati-hati dalam mengelola anggaran Covid-19, dan kedepannya Fraksi Nurani menekankan sisa anggaran digunakan secara terukur demi tercapai pembangunan yang optimal. Pada intinya fraksi nurani membangun menerima laporan pertanggungjawaban APBD TA 2020.


Kemudian, pandangan Fraksi Golkar yang di bacakan Lubis, SH dari partai PKB meminta keberhasilan yang dicapai yang masih kurang di perbaiki dan Fraksi Golkar tetap kukuh menerima Laporan pertanggungjawaban APBD tahun 2020 dengan catatan, orientasi belanja untuk pemenuhan hak dasar masyarakat harus di dahulukan seperti hak kesehatan, pendidikan dan layanan lainnya. Dan dalam pelaksanaan APBD harus sesuai perencanaan awal.


Demikian juga Fraksi Gerindra dan Fraksi PDIP pada intinya menerima laporan pelaksanaan APBD TA 2020. Sedangkan pandangan Fraksi terdepan mengapresiasi pemberian WTP ke Pemda Pasangkayu oleh BPK. kedepannya, untuk belanja daerah harus lebih banyak untuk pemenuhan hak dasar masyarakat ketimbang belanja untuk kebutuhan birokrasi.


Sementara pandangan Fraksi Persatuan Indonesia yang dibacakan Yani Pepi Adriani merekomendasikan penyampaian laporan pelaksanaan APBD disampaikan lebih terperinci lagi dan meminta penata usahaan aset Pemda ditingkatkan. Fraksi Perindo juga mengapresiasi kinerja Pemda Pasangkayu atas kerja kerasnya dalam menanggulangi pandemi covid-19 sehingga Pasangkayu saat ini zona hijau kembali. 


Untuk tanggapan Pemerintah Daerah akan disampaikan secara tertulis dan akan dibahas dalam rapat paripurna selanjutnya. (Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409