BLANTERVIO103

Seru, Kegiatan MPLS dan Asesmen Diagnostik Sekolah Penggerak UPT SDN 8 Pinrang

Seru, Kegiatan MPLS dan Asesmen Diagnostik Sekolah Penggerak UPT SDN 8 Pinrang
Selasa, 13 Juli 2021

 


PINRANG, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Memasuki awal tahun pelajaran 2021/2022, UPT SDN 8 Pinrang gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan secara ketat, khusus bagi Peserta Didik Baru atau kelas I. 


"Untuk menerapkan salah satu program Sekolah Penggerak adalah Pelaksanaan Asesmen Diagnostik bagi Peserta Didik Baru yaitu Kelas I dan Kelas IV," kata Kepala UPT SDN 8 Pinrang, Muhammad Abrar Usman, Spd, MPd, Senin, 12 Juli 2021.


Abrar mengatakan, UPT SDN 8 Pinrang menggelar tes diagnostik bagi peserta didik baru. Tes diagnostik yang diberikan bagi peserta didik kelas 1 ini adalah tes diagnostik Non-Kognitif dan tes diagnostik Kognitif.  


"Tes Diagnostik Non-Kognitif dilakukan untuk mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosional, aktivitas belajar di rumah, kondisi keluarga, latar pergaulan, gaya belajar, karakter serta minat peserta didikdidik, " ungkap Abrar. 


Tes diagnostik kognitif ini lanjutnya diberikan untuk mengetahui kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Tes ini diselenggarakan untuk mendiagnosis kemampuan dasar dan untuk mengetahui kondisi awal peserta didik baru. 

"Tes ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan antara kondisi psiko sosial emosi, capaian kompetensi dan kebutuhan belajar peserta didik dengan layanan pembelajaran yang akan diberikan oleh sekolah, agar peserta didik dapat belajar sesuai kebutuhan dan kemampuan mereka," jelas Kepsek sekaligus koordinator Panitia ini. 


Dalam perencanaan dan pelaksanaan maupun kegiatan tindak lanjut dari proses tes diagnostik ini tambahnya, dilibatkan semua Komite Pembelajaran SDN 8 Pinrang, sehingga kegiatan ini terlaksana sesuai harapan, berjalan lancar, seru,  menyenangkan bagi peserta didik baru beserta orang tua yang datang mengantar dan mendampingi buah hati mereka.   


Menurut Rustina, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa Pelaksanaan Asesmen Diagnostik ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan IHT Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. 

"Saya sangat bangga dan gembira karena kegiatan dapat berjalan sesuai program sebagai bukti bahwa teman-teman yang telah mengikuti IHT mampu memahami dan mengimplemtasikan materi IHT, " ucap Rustina seraya menambahkan jika kegiatan asesmen diagnostik ini juga akan diberikan kepada siswa kelas IV. 


Patmawati Alya salah satu orang tua siswa yang mendampingi anaknya mengikuti kegiatan ini sangat gembira, bersyukur dan bangga menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan ini, karena sangat bermanfaat memberikan motivasi kepada anaknya untuk berbicara menjawab tes atau pertanyaan dari gurunya sehingga menimbulkan sifat mandiri, berani dan percaya diri.  


"Terima kasih kepada warga UPT SDN 8 Pinrang atas kegiatan ini termasuk penyambutannya dengan menggelar karpeg merah dan halaman sekolah dihiasi banyak balon dengan sangat cantik dan manarik," puji Patmawati.

(alimuddin)                                                                                             

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409