BLANTERVIO103

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap Gelar Pembahasan Jadwal Retensi Arsip

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap Gelar Pembahasan Jadwal Retensi Arsip
Selasa, 03 Agustus 2021


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang melalui Dinas Perpustakaan Kearsipan, mengadakan pembahasan penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Fasilitatif dan Substantif, Selasa (3/8/2021).


Kegiatan dalam rangka peningkatan pengelolaan kearsipan itu berlangsung di Aula Kompleks SKPD Sidrap. Acara menerapkan protokol kesehatan, diikuti para pengelola JRA seluruh OPD, kecamatan, desa/kelurahan.


Pembahasan JRA diawali sambutan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Hj. Wahida Alwi. Hadir dalam kesempatan itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Barru, Drs. Fariadi, Kabid Kearsipan Barru, Hj. Andi Yusriani, dan Kabid Perpustakaan Sidrap, Hasanuddin. 


Wahida Alwi menyampaikan terima kasih kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barru yang mendukung kegiatan tersebut.


"Kami mengapresiasi kehadiran dan kerja sama membantu peningkatan pengelolaan kearsipan di Kabupaten Sidrap," 


Lebih lanjut Wahida menyatakan, dalam pengelolaan kearsipan terdapat 4 instrumen pokok yakni tata naskah dinas, kualifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan kualifiaksi keamanan dan akses arsip.


"Yang kita bahas saat ini yakni jadwal retensi arsip. Semoga dengan kegiatan ini, seluruh peserta mampu memahami dan menyebarkan informasi yang diperoleh sehingga pengelolaan kearsipan makin baik," ujarnya.


Sementara Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Barru, Fariadi berterima kasih telah diundang untuk sharing ilmu terkait pengelolaan kearsipan.


"Kearsipan sangat penting dan utama. Pengelolaan dana di negara ini tidak bisa maju dan berkembang, bahkan tidak bisa aman jika kearsipannya tidak dikelola dengan bagus," paparnya.


"Harapan kita, pengelola kearsipan harus tampil di depan di dalam pengelolaan negara maupun daerah kita masing-masing," imbuhnya.


Sebagai informasi, pembahasan penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Fasilitatif dan Substantif tersebut menghadirkan Darhan sebagai pemateri.

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409