BLANTERVIO103

Prokes Ketat, Konsulat RI Tawau Gelar Upacara HUT Kemerdekaan ke 76

Prokes Ketat, Konsulat RI Tawau Gelar Upacara HUT Kemerdekaan ke 76
Selasa, 17 Agustus 2021




Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-76, Konsulat RI Tawau menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera, Selasa 17 Agustus 2021, pukul 07.30 s.d 08.30 wita bertempat di halaman Kantor Konsulat RI Tawau. 


Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan RI, Ibu Heni Hamidah dan diikuti oleh seluruh Pegawai/Staf di lingkungan Konsulat dan jajaran pengurus Darma Wanita Persatuan KRI Tawau. 


Petugas pasukan pengibar bendera merah putih (Paskibra) dilakukan oleh 10 orang pelajar Indonesia terpilih yang berasal dari 3 Community Learning Centre (CLC) di wilayah kerja Konsulat RI Tawau, antara lain, CLC Holy Trinity, CLC Sungai Balung dan CLC Tunas Perwira. Mereka dilatih secara intensif selama kurang lebih 2 minggu di bawah binaan Mayor Inf. Edi Joko Yulianto yang saat ini bertugas sebagai Indonesian Liaison officer (ILO) TNI di Tawau, yang juga bertindak sebagai Komandan Upacara. 


Mengingat Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, upacara pengibaran bendera dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang biasanya dihadiri juga oleh perwakilan masyarakat dan para guru dan siwa CLC di wilayah kerja KRI Tawau, kali ini hanya dihadiri oleh kalangan terbatas Konsulat saja. 



Untuk para WNI yang ingin mengikuti jalannya upacara pengibaran bendera, KRI Tawau memfasilitasi secara virtual melalui live facebook. Yang berbeda dari upacara pengibaran bendera kali ini adalah peserta yang hadir mengenakan pakaian adat daerah yang mewarnai dan memeriahkan peringatan HUT RI ke -76 ini


Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengambil tema “INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH", yang mengandungi arti nilai-nilai ketangguhan dan semangat jugan, terutama tangguh dalam menghadapi berbagai ujian, termasuk cobaan pandemi, dan semangat pantang menyerah dan terus tumbuh untuk meraih Indonesia maju. Indonesia Tangguh, hanya bisa dicapai jika semua bahu-membahu dan saling bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita bangsa.


Seusai kegiatan upacara pengibaran bendera, acara dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng dan kue sebagai wujud Syukur atas peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan RI Tawau juga memberikan penghargaaan kepada 3 orang pegawai/staf terbaik di tahun ini dengan kategori staf “TERTANGGAP, TERTANGGUH & TERGESIT” di lingkungan KRI Tawau, serta kepada 2 orang peserta upacara (pria dan wanita), untuk kategori “BUSANA TERBAIK”.


Mengingat masih dalam suasana Pandemi COVID-19, seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini dilakukan secara sederhana sesuai protokol kesehatan seperti ketentuan jaga jarak, penggunaan masker dan hand sanitizer dan ketentuan-ketentuan lainnya. Seluruh peserta upacara baik petugas maupun yang hadir juga diharuskan menjalani RTK yang disediakan oleh pihak Panitia, guna memastikan seluruh yang hadir negatif COVID-19. Selain itu, pihak panitia juga tidak menyelenggarakan kegiatan perayaan lainnya seperti acara panggung gembira ataupun pertandingan/perlombaan yang melibatkan masyarakat umum seperti yang biasa dilakukan guna menghindari potensi kerumunan massa. (Gun) 


Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409