BLANTERVIO103

Program Keamanan PJAS, BPOM Makassar Sambangi UPT SDN 16 Pinrang

Program Keamanan PJAS, BPOM Makassar Sambangi UPT SDN 16 Pinrang
Selasa, 07 September 2021


PINRANG, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar Negeri 16 Kabupaten Pinrang menerima tamu dari Badan POM Makassar. Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi intervensi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di Sekolah Dasar Negeri 16 Kabupaten Pinrang, Sabtu, 4 September 2021.


Rombongan Badan POM yang melakukan evaluasi dan monitoring di pimpin ibu Conita Fitriani, rombongan tersebut diterima langsung oleh kepala sekolah SDN 16 Pinrang Sitti Fatimah, didampingi ketua komite SDN 16 Pinrang, Andi Massalassa, dan Ketua UKS sekaligus ketua Tim KPS UPT SDN 16, Andi Haslinda, serta seluruh guru SDN 16 dan disambut oleh siswa siswi yang selama ini terlibat langsung dalam program keamanan pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS).


Kepala sekolah SDN 16,  Sitti Fatimah, menyampaikan rasa terima kasih, karena terpilih dan telah melaksanakan program keamanan pangan jajanan anak sekolah selama setahun, atau dari bulan Agustus tahun 2020,  serta berharap apa yang telah dilaksanakannya selama ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. 

selanjutnya, Sitti Fatimah berharap, kedepannya, keamanan pangan jajanan anak sekolah dapat  menjadi kebiasaan, dan budaya bagi seluruh siswa-siswi SDN 16 Pinrang, agar selalu mengkonsumsi pangan yang aman, dan berkualitas. sehingga  UPT SDN 16 Pinrang bisa mendapatkan piagam penghargaan Bintang Keamanan Pangan Sekolah (PBKPS). 


Sementara tim evaluasi dan monitoring, dari Badan POM, Conita Fitriani, menyampaikan rasa terimakasih, atas penyambutan siswa-siswi yang menurutnya sangat berkesan. Kegiatan yang dilakukan hari ini, sebagai evaluasi dari kegiatan dan bimbingan teknis yg telah dilaksanakan dari program sebelumnya, dimana Audit selanjutnya akan di laksanakan secara berkesinambungan. 


Conita Fitriani, menjelaskan bahwa kegiatan PJAS adalah Program Nasional yang dipantau langsung oleh Sekretariat Presiden, dimana  nama-nama sekolah yang telah diintervensi sudah tercatat di pusat. Jadi kegiatan yang dilakukan sekolah harus dilaporkan ke Kantor Sekretariat Presiden. Sehingga sangat diharapkan komitmen tiap-tiap sekolah, untuk menyelesaikan rencana tindak lanjut yang harus dilaporkan. 

lebih lanjut, Conita Fitriani, menyampaikan bahwa dari evaluasi sementara yang telah dilaksanakan ini SDN 16 atas pelaksanaan program keamanan pangan Jajanan Anak Sekolah ( PJAS ) telah berjalan dengan baik, dan salah satu aksi inovasi yang sangat baik dan sangat diapresiasi badan pom, dari SDN 16 adalah, Aksi twibbon, dengan tema jajanan sehat  deng logo Badan pom. dan berharap, agar apa yang telah dilakukan SD 16, dapat menjadi contoh bagi SD lainnya khususnya yang ada di Kabupaten Pinrang.


lebih lanjut,  Conita Fitriani, menjelaskan, keamanan jajanan yang dikonsumsi anak-anak kita sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya masa depan. Oleh karena itu pangan yang dikonsumsi anak-anak harus dipastikan adalah pangan yang aman, bermutu, bergizi dan bermanfaat yg mana sangat berpengaruh untuk perkembangan fisik maupun mental anak sebagai generasi penerus bangsa yang tumbuh sehat dan berkualitas. 


"Setelah dari keluarga, kita amankan konsumsi jajanan anak-anak kita di sekolah melalui komunitas-komunitas yang ada di sekolah," jelas Conita Fitriani. (Alimuddin) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409