BLANTERVIO103

Lomba PJAS Aman Tingkat Nasional, Sekolah Penggerak UPT SDN 8 Pinrang Raih Juara 2

Lomba PJAS Aman Tingkat Nasional, Sekolah Penggerak UPT SDN 8 Pinrang Raih Juara 2
Rabu, 20 Oktober 2021


PINRANG, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar telah mengintervensi sekolah dibeberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan pada jenjang SD, SMP dan SMA, termasuk sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Pinrang.


Agustus 2020 kemarin, BBPOM telah mengintervensi di Kabupaten Pinrang. Salah satu sekolah yang dibina oleh BPOM adalah Sekolah Penggerak UPT SDN 8 Pinrang terkait Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang berperan penting dalam pemenuhan asupan energi dan gizi anak sekolah.  


PJAS merupakan pangan siap saji yang ditemui dan dijual di lingkungan sekolah serta secara rutin dibeli dan dikonsumsi oleh sebagian besar anak sekolah. Sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan kepada sekolah yang telah menerapkan PJAS secara berkesinambungan maka Badan POM RI melaksanakan lomba sekolah aman tingkat nasional tahun 2021. 


Sulawesi Selatan pada jenjang SD diwakili oleh sekolah Penggerak SDN 8 Pinrang yang telah diseleksi sebelumnya oleh tim Yuri BBPOM Makassar. Pelaksanaan lomba PJAS Aman ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu sekolah mengirimkan File atau Dokumen-Dokumen sesuai instrumen lomba kemudian ditentukan 6 nominator terbaik atau babak final yang akan di visitasi oleh tim Yuri dari Pusat. 


Namun karena kondisi masih berada pada pandemi covid-19 maka finalnya dilaksanakan secara virtual berupa wawancara, presentasi dan pengamatan lingkungan sekolah secara livel melalui HP.

Puncak kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa 18 Oktober 2001 dalam rangkaian acara peringatan Hari Pangan Sedunia (World Food Day) maka diumumkan bahwa Sekolah Penggerak UPT SDN 8 Pinrang berhasil menjadi atau meraih juara 2 Lomba Sekolah Aman Tingkat Nasional Tahun 2021,  hasil ini disambut dengan gembira dan Gegap Gempita oleh warga UPT SDN 8 Pinrang yang menyaksikan secara daring.


Kepala Sekolah UPT SDN 8 Pinrang, Muhammad Abrar Usman S.Pd, M.Pd menyampaikan ucapan atau rasa syukur yang tak terhingga dan terima kasih kepada Bapak Bupati Pinrang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang BBPOM di Makassar, Ketua Komite sekolah, Guru-Guru dan semuanya serta seluruh warga orang tua siswa yang telah memberikan dukungannya sehingga  dapat meraih prestasi. 


"Juara ini saya persembahkan kepada Kabupaten Pinrang dan Sulawesi Selatan," kata Abrar Usman penuh semangat.


"Sekolah kami mampu menjadi juara kedua merupakan pencapaian yang sangat luar biasa, karena sekolah-sekolah yang ikut pada lomba ini tentunya merupakan duta-duta terbaik dari 34 provinsi lainnya, " lanjutnya. 


Dia berharap semoga lomba ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh warga UPT SDN  8 Pinrang untuk tetap secara berkesinambungan menerapkan PJAS aman dan mengembangkan diri untuk meraih prestasi-prestasi selanjutnya.

(alimuddin) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409