BLANTERVIO103

Menuju 'Digdaya', DPC HPI Pasangkayu Gelar Baksos di Lokasi Wisata

Menuju 'Digdaya', DPC HPI Pasangkayu Gelar Baksos di Lokasi Wisata
Senin, 11 Oktober 2021


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id

Pengurus DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Pasangkayu, Sulbar gelar Bakti sosial di sejumlah lokasi Wisata. Bakti sosial ini dilakukan disamping kepedulian terhadap kebersihan lingkungan Wisata, juga sebagai ajang pemanasan menuju persiapan dialog budaya (Digdaya) yang rencananya dilaksanakan tanggal 16 november 2021. 


Hal itu dikatakan Ketua DPC HPI Pasangkayu Ikmal, S.S., S.Sos dalam kegiatan Baksos di Wisata Pantai Tanjung Babia, Minggu, 10/10/21. Ikmal menjelaskan, Baksos serupa akan dilaksanakan di sejumlah wisata yang ada di wilayah Pasangkayu. 


"Wisata itu identik dengan kebersihan dan keindahan. Jadi tugas kita ialah bagaimana Wisata itu selalu bersih dan indah. Mari kita wujudkan sapta pesona (aman, tertib, bersih, indah, dan kenangan)," Kata Ikmal. 


Menurutnya, Untuk memajukan wisata di Pasangkayu, HPI akan melahirkan pemandu wisata pemula yang siap bekerja. 


"HPI bakal open rekruitmen untuk persiapan pemandu wisata pemula. HPI juga akan bekerjasama dengan pihak SMK yang memiliki jurusan kepariwisataan," ungkap Ikmal. 


Sementara itu, Kadis Budpar Pasangkayu Dasteri, S.Pd,.M.Pd yang dihubungi terpisah sangat mengapresiasi gebrakan HPI yang notabene baru terbentuk di Pasangkayu sekitar sebulan lalu sudah mamperlihatkan program kerja yang nyata. Dia menilai, terbentuknya HPI Pasangkayu akan kolaborasi wadah kepariwisataan yang di bentuk Dinas Budpar seperti, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi). 


"Terbentuknya HPI, Disbudpar sangat terbantu karna dengan sendirinya akan mempromosikan pariwisata, dalam wisata sangat dibutuhkan seorang pemandu," ujar Dasteri. 


Ditambahkan, Kalau obyek wisata mau di buat, memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Disini dibutuhkan program lintas sektor, beberapa OPD harus kolaborasi dalam membangun baik Sarana maupun prasarananya, Seperti PU untuk akses jalannya, Lingkungan Hidup untuk tempat sampahnya. 


Baksos tersebut di hadiri juga Wakil Ketua HPI Arwin Ramli calon mahasiswa S2 penyiaran (Broad casting) Australia. (Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409