BLANTERVIO103

Pesta Panen di Dusun Anrelli, Ibrahim Daru Serahkan Hadiah Lomba

Pesta Panen di Dusun Anrelli, Ibrahim Daru Serahkan Hadiah Lomba
Senin, 25 Oktober 2021


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Masyarakat Dusun Anrelli Desa Kulo, Kecamatan Kulo kabupaten Sidrap ikut serta dalam upaya pelestarian budaya lokal dengan menggelar pesta panen yang sudah mejadi agenda rutin di setiap tahunnya.

Tidak berbeda dengan beberapa wilayah di Kabupaten Sidrap, pesta panen dilakukan pasca panen raya padi. Hal tersebut merupakan budaya turun temurun sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang di dapatkan.

Pesta panen masyarakat Dusun Anrelli Desa Kulo Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap digelar selama Sepekan. Rangkaian kegiatan digelar dengan berbagai lomba seperti Lomba lari kelereng, Lari jarum, lari karung, lomba makan kerupuk, lomba gendong istri, lari sarung, dan lari maraton. 

Mewarnai puncak acara yakni Mappadendang yang merupakan ciri khas dalam budaya Pesta Panen.Hadir dalam kesempatan tersebut Angota dewan dari Partai Keadilan Sejahtera Dapil 2 Ibrahim Daru.

Didampingi tokoh masyarakat setempat Ibrahim Daru dalam kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis hadiah kepada pemenang lomba. Bukan hanya itu ia pun menyempatkan untuk ikut ambil bagian dalam menabuh lesung dengan menggunakan alu di acara mappadendang tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,mengingat kegiatan seperti ini memang patut kita lestarikan karena merupakan budaya yang sudah turun temurun oleh orang tua kita," ucapnya.

Selain itu acara pesta panen juga menjadi ajang silaturahim masyarakat setempat sebagai wadah untuk menjalin kebersamaan antara masyarakat sekitar.

Tokoh Masyarakat yang juga ketua panitia kegiatan ini menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak seperti Anggota Dewan Ibrahim Daru, Pemerintah Desa, Kecamatan dan juga segenap masyarakat Dusun Anrelli. 

(ds) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409